4 April 2020
  • 4 April 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Yuna Zarai, Penyanyi Ikonik Asal Malaysia Yang Mendunia

Yuna Zarai, Penyanyi Ikonik Asal Malaysia Yang Mendunia

By on 9 March 2020 0 42 Views

Jakarta, ROC — Hadir di tengah pemakaman almarhum Ashraf Sinclair, Yunalis Zarai, atau yang lebih dikenal sebagai Yuna Zarai, ternyata mampu menyita perhatian dan sosoknya kemudian menjadi sorotan publik.

Yuna Zarai yang ternyata adii ipar BCL, adalah istri dari adik kandung almarhum Ashraf Sinclair, yaitu Adam Sinclair. Sosok yang menjadi ikonik dengan gaya hijabnya yang unik itu kemudian diketahui merupakan seorang penyanyi asal Malaysia yang mempopulerkan musik rock indie dan berhasil mensejajarkan dirinya di tengah musisi Internasional walaupun ia mengenakan hijab.

Karena mempunyai profesi yang sama, Yuna yang menikah dengan Adam Sinclair tahun 2018 silam, sering membagikan dukungannya ke Bunga, begitupula sebaliknya.

Di usia 14 tahun, Yuna mulai menulis lagunya sendiri. Sebelumnya dia banyak mengcover lagu-lagu milik penyanyi lain. Ia mengaku tertarik untuk mulai menulis lagu dan membuat musiknya dengan gitar kesayangannya. Hingga di tahun 2006, Yuna akhirnya tampil untuk pertama kalinya di salah satu sekolah hukum di Malaysia dan ditonton oleh jutaan penonton yang hadir.

Debut pertamanya pada tahun 2008 di Malaysia, berhasil menyabet lima nominasi Anugerah Industri Muzik (setara Malaysia Grammy) dan mendapatkan 4 trofi, termasuk pendatang baru terbaik dan lagu terbaik, untuk lagu Deeper Conversation untuk album pertama miliknya yang diberi nama Yuna.

Hingga di tahun 2011, label indie asal Amerika Serikat, Fader Label tertarik akan musiknya yang memainkan indie pop. Label tersebut tak hanya mengontrak Yuna, juga memboyong Yuna untuk ke New York demi menyelesaikan album debut internasionalnya, DECORATE.

Diapun menjadi satu-satunya perempuan yang berhijab dan berkarier di kancah musik Internasional, Yuna terkenal dengan ciri khas gayanya yang unik dan tomboy. Hijabnya berbentuk unik dengan hijab turban dan gaya yang unik, sangat menarik perhatian  dan kerap dijadikan contoh oleh banyak anak muda.

Yuna melejit di dunia internasional, dan namanyapun kerap disandingkan dengan penyanyi-penyanyi terkenal lainnya. Di tahun 2012, Yuna mendapat kesempatan spesial, yakni salah satu singlenya yang berjudul Live Your Life diproduseri langsung oleh Pharrell Williams.

Ia juga sempat berkolaborasi dengan Owl City untuk menyanyikan soundtrack lagu film animasi, The Croods. Dalam single Shine Your Way, Yuna berkolaborasi dengan Adam Young dengan musik electropop. Ia juga sempat berkolaborasi dengan rapper G-Eazy dengan single Blank Marquee dan Usher di lagu Crush.

Selain itu, Yuna kemudian diketahui pernah kolaborasi dengan Epik High, rapper asal Korea selatan dalam lagu No Different dan menggandeng Jay Park juga BTS untuk berkolaborasi dalam melebarkan sayap di negara Korea Selatan.

Tak banyak yang mengetahui, Yuna Zarai ternyata terinspirasi dengan Ariel Noah, dia mengaku mendapat inspirasi kala melihat Ariel yang waktu itu masih menjadi vokalis band Peterpan dalam lagu Kukatakan Dengan Indah.

Lewat lagu itu, Yuna pun mulai belajar bermain gitar dan lagu tersebut menjadi lagu pertama Yuna yang dinyanyikan dengan gitar miliknya. Dia akhirnya tertarik untuk mulai mengcover banyak lagu bersama bandnya setelah mengunggah lagu cover Kukatan Dengan Indah milik band Peterpan ke laman My Space miliknya.
(idj/idj)
Foto : instagram @yuna

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *