20 January 2021
  • 20 January 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Wujudkan Ketahanan Pangan, Jokowi Minta Percepat Perizinan Food Estate

Wujudkan Ketahanan Pangan, Jokowi Minta Percepat Perizinan Food Estate

By on 6 January 2021 0 32 Views

Presiden Jokowi (Jokowi) saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan proyek food estate di Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Dia juga menyebut Indonesia akan memiliki beberapa kabupaten dan provinsi yang mempunyai food estate untuk mewujudkan ketahanan pangan/ Youtube Setpres.

ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para gubernur di kawasan pembangunan food estate mempercepat proses perizinan yang ada. Dia menargetkan pembangunan kawasan tersebut selesai pada tahun ini.

“Pembangunan kawasan food estate diharapkan bisa selesai tahun ini,” ujar Jokowi, saat membuka rapat terbatas terkait penanganan pandemi Covid-19 dan rencana pelaksanaan vaksinasi di Istana Presiden Jakarta, Rabu (6/1).

Food estate mulai menjadi program pemerintah sejak tahun lalu. Presiden Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menangani langsung kawasan ini demi ketahanan pangan dalam negeri.

“Saya minta agar yang berkaitan dengan pembangunan food estate dalam pembangunan food estate dalam rangka ketahanan pangan kita, juga para gubernur yang di provinsinya ada pembangunan food estate agar dilakukan percepatan terhadap perizinan berkaitan dengan hal di lapangan diberikan dukungan penuh,” kata Jokowi.

Menurutnya, percepatan perizinan diperlukan, karena Indonesia akan memiliki beberapa kabupaten dan provinsi yang mempunyai food estate.

“Kita harapkan (program food estate) di 2021 ini kita bisa selesaikan dengan baik,” ujarnya.

Jokowi menjelaskan tentang keberadaan food estate, yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Sumatra Utara (Sumut). Di Kalteng, area food estate berlokasi di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas dengan Area of Interest (AOI) seluas 165.319,12 hektare.

Sementara itu, food estate juga rencananya akan dibangun di empat kabupaten di Sumut yaitu Kabupaten Humbang Hasundutan, Pakpak Barat, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Utara dengan potensi lahan seluas 61.042 hektare.

Saat kunjungan kerja ke Sumut Oktober 2020 lalu, Jokowi menyebutkan bahwa food estate di Sumatra Utara akan ditanam kentang, bawang merah dan bawang putih serta di Kalteng berupa padi dan singkong.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *