30 March 2020
  • 30 March 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • WNI ABK Diamond Princess Dipulangkan Ke Indonesia, 1 Orang Tenaga Inti Kapal Bertahan

WNI ABK Diamond Princess Dipulangkan Ke Indonesia, 1 Orang Tenaga Inti Kapal Bertahan

By on 8 March 2020 0 30 Views

Jakarta, ROC — Pemerintah berencana memulangkan lima orang WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess yang dirawat di rumah sakit Jepang karena positif Corona. Kondisi lima WNI ABK tersebut semakin membaik.

“Kemarin sudah ada satu yang sudah sampai ke Tanah Air dengan selamat dan hari ini ada dua yang sudah menunggu untuk boarding dan akan terbang ke Indonesia. Artinya dari 9 itu sudah ada empat yang kembali ke tanah air,” kata Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes sekaligus juru bicara pemerintah dalam penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3).

Kemenkes mengatakan, ada satu orang WNI ABK yang memilih tetap berada di kapal pesiar Diamond Princess di saat WNI lainnya dievakuasi ke Tanah Air. ABK tersebut bertahan karena merupakan juru mesin kapal. ABK tersebut sudah menandatangani surat pernyataan bahwa akan melanjutkan pekerjaannya. Pemerintah pun memaklumi hal ini.

“Yang kita bisa kita ajak pulang hanya 69 orang karena ada 1 orang yang memilih tetap berada di kapal karena dia termasuk tenaga inti untuk mengoperasikan kapal untuk kembali ke pangkalannya di Seattle. Dia adalah juru mesin yang menjadi tenaga inti sehingga kapal ini kembali ke Seattle dengan awak minimal kurang lebih sekitar 50 orang,” kata Achmad Yurianto.

Menurutnya, pemerintah Indonesia tak bisa memaksa atau menolak jika ada hal seperti ini, karena pengungsian ini sifatnya bukan mandatory, karena harus menandatangani kesediaan, untuk dijemput dan kesediaan untuk diobservasi, jadi bukan mandatory yang mengharuskan.

“Nah satu orang ini memang tercatat sebagai tenaga inti dari ruang mesin sehingga dia tidak bisa ikut pulang dan dia sendiri yang memutuskan untuk tidak pulang,” pungkas Achmad.

(idj/idj)
Foto : Reuters/Kim Kyung-Hoon

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *