26 October 2020
  • 26 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • WHO Peringatkan Penawar Covid-19 Mungkin Tak Akan Pernah Ada

WHO Peringatkan Penawar Covid-19 Mungkin Tak Akan Pernah Ada

By on 5 August 2020 0 97 Views

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (foto dok: Shutterstock)

ROC — Organisasi kesehatan dunia (WHO) memperingatkan dunia agar tidak ketat menerapkan cara pencegahan penyebaran Covid-19 karena tak ada cara mudah untuk melawan wabah itu.

WHO memperingatkan meski kini sudah banyak calon vaksin yang hampir rampung dikembangkan, tetapi wabah Covid-19 mungkin tidak akan mempunyai penawar atau solusi mudah sama sekali.

Direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam jumpa pers Senin (3/8) mewanti-wanti semua negara untuk menjalankan semua langkah pencegahan penyebaran Covid-19 seperti mengenakan masker, penjarakan sosial, mencuci tangan, dan tes massal.

“Pesan kepada pemerintah dan masyarakat jelas: lakukan semuanya!” kata Tedros dari markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa, Swiss.

Lebih lanjut ia memperingatkan agar pemerintah-pemerintah di dunia tidak mengandalkan vaksin yang masih dikembangkan sebagai penawar Covid-19, meski ada beberapa kandidat yang hampir rampung.

“Beberapa calon vaksin kini sudah memasuki uji klinis fase 3 dan kita semua berharap bisa memiliki beberapa vaksin yang efektif mencegah orang terinfeksi. Tetapi, saat ini solusi instan belum ada – dan mungkin tidak akan pernah ada,” ujar Tedros.

WHO juga mengatakan bahwa saat ini kecepatan penyebaran Covid-19 tertinggi ada di Brasil dan India. Lembaga itu juga mengatakan bahwa tim peneliti yang dikirimkanya ke China, untuk mencari tahu asal-usul Covid-19, belum kembali untuk membawa hasil laporan mereka.

Tedros juga mendorong para ibu yang terinfeksi Covid-19 untuk tetap memberikan ASI kepada bayi mereka, karena manfaatnya lebih besar ketimbang risiko dari wabah tersebut.

Sudah lebih dari 18,14 juta orang di dunia terinfeksi Covid-19 dan 688.080 di antaranya meninggal dunia. (Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *