26 March 2019
  • 26 March 2019
Breaking News

Whatsapp Dipantau Pemerintah? Ini Kata Kominfo

By on 28 August 2018 0 40 Views

Jakarta – Isu bahwa percakapan pengguna Whatsapp dipantau oleh pemerintah kembali santer beredar. Pemerintah menegaskan bahwa hal tersebut hanyalah pemberitaan yang tidak benar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan kembali bahwa pemerintah tak memantau masyarakat melalui percakapan di layanan pesan WhatsApp.

Isu tersebut terus bergulir yang tidak hanya sekali. Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan pun memberikan tanggapan tegasnya terkait hal itu.

“Wah pemerintah mengawasi semua percakapan di WhatsApp kita. Punya duit berapa untuk mengawasi semuanya,” ungkap Semuel seperti dilansir Detik.com di Jakarta, kemarin.

Pria yang disapa Semmy ini, mengatakan bahwa untuk mengawasi percakapan seperti di WhatsApp, diperlukan teknologi yang biayanya sangat tinggi.

“Perlu dana besar untuk melakukan surveillance,” kata Dirjen Aptika.

Sementara itu, di sisi WhatsApp sendiri, layanan pesan instan dibawah naungan Facebook ini memiliki fitur keamanan berupa enkripsi atau penyandian end-to-end.

Fitur tersebut memastikan bahwa pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja. Keamanan ini yang membuat daya tarik WhatsApp bagi penggunanya dalam berkomunikasi secara aman dan nyaman. (Red/Detik)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *