4 July 2020
  • 4 July 2020
Breaking News

Watimpres Sidarto; Masih Banyak Isu SARA di Pilkada Indonesia

By on 15 January 2020 0 148 Views

Jakarta, ROC – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dipastikan digelar pada tanggal 23 September 2020 nanti. Ada 270 daerah yang akan mengikuti pesta demokrasi tersebut.

Anggota Watimpres, Mayjen Pol (Purn) Sidarto Danusubroto menyoroti masih maraknya isu Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Indonesia.

Menurutnya harus ada peraturan yang tegas untuk menangkal beredarnya isu tersebut. Dia menyebut isu SARA di Indonesia sudah sangat meresahkan.

“Jadi sangat berbahaya kalau sampai orang menjual SARA sebagai senjata harus ada satu aturan bahwa itu harus ditiaadakan,” ujarnya dalam diskusi publik ‘2020 Digitalisasi Indonesia Outlook’ yang digelar ISED di Sarinah, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Dalam hal ini, Sidarto mencontohkan Malaysia yang telah menetapkan hukuman tanpa trial kepada orang yang berbicara isu SARA.

“Di Malaysia orang berbicara SARA bisa ditangkap tanpa trial, kita disini ngomong SARA sudah kayak olahraga,” tuturnya.

Dia berharap isu SARA harus ditiadakan, karena selagi persoalan ini masih ada maka akan sulit mencari kepala daerah yang baik.

“Bagaimana kita bisa menghasilkan satu kepala daerah yang fear karena rakyat kita masih bermain isu SARA. Jauhkan soal itu untuk Pilkada,” pungkasnya. (Red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *