9 July 2020
  • 9 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Wartawan Yang Liput Preskon Walikota Bogor Akan Di Tes Covid-19

Wartawan Yang Liput Preskon Walikota Bogor Akan Di Tes Covid-19

By on 21 March 2020 0 101 Views

Jakarta, ROC — Sebelum ditetapkan positif terjangkit wabah Virus Corona, Walikota Bogor Bima Arya sempat bertemu dengan beberapa wartawan di kediamannya. Tepatnya saat Bima Arya baru saja tiba di Tanah Air sepulang dari kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan. Pada malam harinya, sekitar pukul 18.00 WIB, Bima Arya menggelar konferensi pers di rumah pribadinya Pendopo 6, Perumahan Baranangsiang Indah, Bogor Timur, Kota Bogor, Senin (16/3) lalu.

Diketahui sebelumnya, sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Bima Arya juga sempat melakukan wawancara dengan sejumlah awak media dari Tangerang.

Kemudian tiga hari setelah pertemuan tersebut, Bima Arya menerima hasil tes SWAB yang menunjukkan bahwa dirinya positif Covid-19, pada hari Kamis sore, (19/3) lalu.

Diketahui tes terhadap kondisi kesehatan Bima Arya itu sendiri dilaksanakan di Rumah Sakit Bogor Senior Hospital, pada Selasa (17/3), informasi tentang hal tersebut dihimpun redaksi republikonline.com, melalui keterangan pers dari Juru Bicara (Jubir) Pemkot Bogor Untuk Siaga Corona Kota Bogor, Jumat kemarin (20/3).

Atas hal tersebut, wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim mengatakan kalau beberapa wartawan yang ikut konferensi pers dengan Walikota Bogor akan di tes Covid-19.

“Kita akan menyiapkan 500 alat tes dari Institut Pertanian Bogor (IPB),” kata Dedie A Rachim saat Live Streaming Youtube di channel Pemerintah Kota Bogor, Jumat (20/3).

Dedie juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang berdiskusi lebih lanjut terkait hal itu.

“Pertemuan itu kan sebetulnya dilakukan dengan jarak yang cukup aman. Jadi masih didiskusikan apakah pertemuan itu kemudian dapat membuat wartawan yang bertemu dengan Pak Bima itu jadi orang dalam pemantauan (ODP), atau tidak,” jelas Dedie A Rachim.

Untuk itu, ia masih mencoba membicarakan apakah akan menetapkan status ODP pada para wartawan tersebut atau tidak.

Ia pun menyarankan kepada para wartawan itu untuk melakukan tes jika merasa khawatir dan melakukan isolasi mandiri.

“Tapi ini kan masalahnya alat tesnya ini belum tersedia, kita hari ini sedang bertemu dengan pihak IPB. Pihak IPB akan memberikan 500 alat tes, mudah-mudahan nanti dari 500 ini kita prioritaskan untuk teman – teman wartawan yang kemarin sempat preskon dengan Pak Wali,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Bima Arya menjalani aktivitas di rumah sejak berstatus orang dalam pengawasan (ODP). Sebelum dinyatakan positif corona, Bima melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan pada Minggu (8/3/2020) hingga Senin (16/3/2020). Bima Arya pulang ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) pada Senin (16/3/2020) lalu.

“Pak wali ke Turki dan Azerbaijan (detail titik menyusul),” kata Kepala Bagian Humas Protokol Setda Kota Bogor, Rudiyana.

Selama proses isolasi mandiri melalui work from home (WFH) di kediamannya, Bima Arya berkordinasi dengan jajarannya melalui video conference dan WhatsApp Group.

“Untuk WFH sudah dilakukan dengan koordinasi melalui video conference dengan dinas atau melalui WA Group, saat tiba di Bogor, pak wali belum pernah keluar rumah, selain cek ke Bogor Senior Hospital,” pungkasnya.

(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *