22 May 2019
  • 22 May 2019
Breaking News

Terima Suap 2,5 M, Mantan Bupati Tulungagung Dipenjara 10 Tahun

By on 19 February 2019 0 56 Views

SURABAYA, ROC – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi melalui Majelis Hakim, memvonis mantan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo 10 tahun penjara serta denda Rp 700 juta dan dicabutnya juga hak pilih selama 5 tahun.

Selain mantan Bupati Tulungagung, Ketua Majelis Hakim Tipikor juga memvonis terdakwa lainnya yaitu mantan Kepala Dinas PUPR Tulungagung Sutrisno dengan hukuman selama 10 tahun penjara serta denda Rp 600 juta, dan juga Agung Prayitno divonis 5 tahun penjara dengan denda Rp 350 juta.

Agus Hamzah selaku Ketua Majelis Hakim Tipikor memberikan putusan bahwa ketiganya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

Dan ketiganya didakwa dengan pasal 12 huruf b UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi yang telah diubah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001, tentang perubahan atas UU RI nomor 31 tahun 1999, jonto pasal 55 ayat(1) ke 1, jonto pasal 65 ayat (1) KUHP.

Dan hak pilihnya mantan Bupati Tulungagung dicabut selama lima tahun, setelah vonis diberlakukan. Dan ketiga terdakwa akan diberikan hukuman tambahan dende berupa uang, apabila tidak bisa mengembalikannya, serta akan dilakukan penyitaan harta benda, dan apabila tidak bisa mengembalikannya akan diberikan hukuman tambahan selama dua tahun penjara.

“Mantan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo lebih ringan dari tuntutan sebelumnya 12 tahun, namun pihaknya masih pikir-pikir. Ada dana sebesar Rp 41 miliar yang tidak disebutkan dalam putusan hakim tersebut,” kata M Hakim Yunizar kuasa hukum dari Syahri Mulyo setelah usai sidang.

Hakim sangat mengharapkan kepada pihak KPK untuk menelusuri dana sebesar Rp. 41 miliar larinya kemana saja. Dan diduga dana tersebut mengalir kepada eksekutif maupun legislatif.

“Uang yang masih belum terungkap kami mengharapkan segera ditelusuri agar supaya aspek keadilan terpenuhi,”kata Hakim.

Harap diketahui bahwa mantan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo telah menerima suap dari kontraktor Susilo Prabowo sebesar Rp 2,5 miliar semenjak menjabat sebagai Bupati Tulungagung periode 2013-2018.

Uang tersebut merupakan hasil dari gratifikasi dari proyek infrastruktur yang ada di Dinas PUPR Tulungagung. (HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *