23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Vaksinasi Seniman dan Budayawan di Yogyakarta, Jokowi Dampingi Petruk

Vaksinasi Seniman dan Budayawan di Yogyakarta, Jokowi Dampingi Petruk

By on 10 March 2021 0 57 Views

Ket gbr: Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat dampingin Petruk Disuntik Vaksin. Foto: SS Youtube Setpres.

ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, 517 Seniman dan Budayawan di Yogyakarta menjalani vaksinasi Covid-19, Rabu (10/3). Vaksinasi berlangsung di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (PSBK) dihadiri Presiden Joko Widodo.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, kita tahu ini keadaan yang tidak mudah, keadaan yang tidak gampang bagi pekerja seni, tetapi kita harus terus merawat semangat agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya meskipun dalam masa pandemi dan adanya pembatasan-pembatasan yang ada karyanya tidak berhenti,” kata Jokowi seusai mendampingi Petruk divaksinasi Covid-19.

Sebelumnya, saat tiba di Dusun Kembaran, Desa Tamantirto, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Presiden Jokowi dan rombongan disambut tarian Petruk divaksin. Sejumlah penari petruk divaksin, membawa Presiden Jokowi dan Rombongan, ditemani Butet Kartaredjasa menuju tempat dilaksanakannya vaksinasi. Presiden Jokowi sempat berinteraksi dengan seniman dan budayawan yang akan menjalani vaksinasi.

Sepanjang Presiden Jokowi meninjau vaksinasi budayawan dan seniman, lagu-lagu nusantara dinyanyikan secara langsung di area vaksinasi.

Budayawan Butet Kartaredjasa mengatakan vaksinasi Covid-19 yang diberikan kepada seniman dan budayawan merupakan hal penting dan bersejarah. Dalam sejarah Indonesia, kata Butet, setelah Bung Soekarno, pemimpin yang memberi ruang perhatian dan menyapa serius kepada seniman dan budayawan adalah Presiden Jokowi.

“Ini sangat menyenangkan membanggakan karena memang kita punya komitmen untuk menyelamatkan kehidupan bersama dengan merelakan diri disuntik vaksin. Kita melaksanakan tertib protokol kesehatan,” kata Butet.

“Saya mewakili rekan-rekan seniman, berterimakasih atas lahirnya peristiwa pada pagi hari ini, sungguh membanggakan,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Butet dalam kesempatan tersebut juga menunjukkan sebuah lagu yang diciptakan oleh seniman bernama Yudhi. Kemudian, lagu berjudul vaksin untuk negeri dinyanyikan dua orang langsung dihadapan Jokowi.

Selain itu, Butet juga memberikan sajian tarian petruk divaksin karya Anter kepada Jokowi. Butet mengatakan, tarian ini sengaja dipertontonkan kepada Presiden Jokowi yang sering diceritakan masyarakat seperti tokoh petruk.

“Karena tamu kita ini sering dicondro sebagai petruk, nah ini petruknya divaksin, karena petruk yang sesungguhnya, yang metafora di Indonesia sudah divaksin, ini petruk wayangnya nanti divaksin di sini,” pungkas Butet.

Red

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *