7 April 2020
  • 7 April 2020
Breaking News

Untuk Temukan Vaksin Corona, AS Gunakan 16 Superkomputer

By on 25 March 2020 0 67 Views

New York, ROC — Pandemi Virus Corona atau Covid-19 telah menjadi kejadian dan musibah yang sangat menyeramkan. Serangan virus ini bahkan sampai mendunia. Situasi saat inipun dipastikan akan tercatat dalam buku sejarah bumi. Cara penanggulangan dan cara mengatasi serangan virus tersebutpun juga tidak biasa. Seperti halnya dengan menggunakan superkomputer.

Seperti yang ditulis oleh Insidehpc.com, Amerika Serikat dikabarkan akan menggunakan superkomputer untuk menghadapi serangan virus tersebut. Dengan menggandeng lembaga ilmiah dan pemerintah, teknologi raksasa Amerika Serikat mencoba merealisasikannya.

Superkomputer ini dimanfaatkan untuk mempercepat proses riset demi menemukan vaksin Virus Corona atau Covid-19. Di dalamnya dibekali 775.000 inti prosesor dan 34.000 kartu grafis. Dengan begitu, perangkat memiliki kemampuan komputasi sebesar 330.000 teraflops.

Seperti diketahui, superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Sebanyak 16 superkomputer yang dipakai Amerika Serikat tergabung dalam sebuah konsorsium yang dinamai The Covid-19 High Performance Computing Consortium.

Dari sisi industri, melansir laman resmi White House, anggota konsorsium antara lain IBM, Amazon, Google, dan Microsoft. Sementara dari perguruan tinggi adalah Massachusetts Institute Technology (MIT) dan Rensselaer Polytechnic Institute (RPI). Tidak hanya itu, dari pemerintah yang ikut serta adalah laboratorium pusat Departemen Energi AS, lembaga antariksa AS (NASA), dan lembaga riset AS (NSF).

Konsorsium akan dipimpin oleh IBM, White House Office of Science and Technology Policy, dan Departemen Energi AS.

”Eskperimen-eksperimen itu akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama apabila dilakukan dengan sistem komputer biasa,” kata Direktur IBM Research, Dario Gil.(idj)

Foto : images.app.goo.gl

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *