11 April 2021
  • 11 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Uji Coba Operasional Perdana Pelabuhan Patimban, Pengiriman Kendaraan Bermotor ke Belawan

Uji Coba Operasional Perdana Pelabuhan Patimban, Pengiriman Kendaraan Bermotor ke Belawan

By on 4 December 2020 0 88 Views

Pelabuhan Patimban uji coba operasional perdana, dengan bongkar muat dan pengiriman 20 mobil ke Belawan. Menteri Perhubungan sebut Pelabuhan Patimban segera layani kontainer paling lambat Maret 2021 mendatang. (Foto: detik)

ROC — Kementerian Perhubungan melakukan uji coba operasional di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Uji coba dilakukan untuk bongkar muat dan pengiriman kendaraan bermotor.

Uji coba ini dilakukan oleh kapal MV Ostina. Kapal tersebut akan melakukan bongkar muat dan pengiriman 20 mobil dari Pelabuhan Patimban menuju Pelabuhan Belawan, Medan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sebelum melakukan uji coba bongkar muat. Pelabuhan Patimban sudah melakukan uji coba sandar kapal pada 31 Oktober lalu.

“Hari ini kita uji coba langsung, insyaallah persiapan sudah baik maka bisa berjalan baik. Perlu diketahui juga 31 Oktober kita sudah uji coba sandar, artinya dermaga sudah baik,” ujar Budi Karya di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12).

Budi Karya juga mengatakan pembangunan fasilitas pelabuhan sudah lengkap dilakukan pada Pelabuhan Patimban. Mulai dari pembangunan fasilitas breakwater, seawall, dermaga, back up area, dan akses jangkar.

“Nah kita juga sudah selesaikan tahap pertama pembangunannya. Kita sudah selesaikan breakwater, seawall, dermaga, back up area, dan jangkar access. Saya berterima kasih ke semua stakeholder,” ujar Budi Karya.

Uji coba sendiri dilakukan mulai pukul 11.30 WIB, dimulai dari simulasi masuknya kendaraan ke dalam pelabuhan. Lalu kendaraan diinspeksi terlebih dahulu.

Usai inspeksi dilakukan, kendaraan akan dibawa dermaga kendaraan untuk disiapkan masuk ke dalam kapal pengirim.

Setelah itu satu per satu kendaraan dibawa ke dalam kapal oleh beberapa petugas dengan cara dikendarai.

(red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *