20 May 2019
  • 20 May 2019
Breaking News

Trump Janji Tarik Pasukan AS Dari Afghanistan

By on 1 February 2019 0 64 Views

Republic-online.com, Amerika Serikat (AS) dan Taliban dilaporkan telah merampungkan kesepakatan yang akan mengakhiri perang panjang 17 tahun di Afghanistan. Kesepakatan berisi kepastian bahwa kelompok-kelompok teroris tidak diizinkan menjadikan Afghanistan sebagai basis operasi, AS dan negara-negara asing lainnya akan menarik pasukan mereka.

Presiden AS Donald trump menyampaikan pihaknya akan menarik pasukan dari Afghanistan setelah 17 tahun operasi militer jika perjanjian damai dengan Taliban disepakati. Pernyataan ini disampaikan Trump pada Kamis (31/1) setelah utusan perdamaian khusus AS Zalmay Khalilzad mengumumkan AS dan militan telah mencapai kesepakatan kerangka kerja untuk mengakhiri konflik di Afghanistan. Demikian dilansir dari Sputnik News, Jumat (1/2).

Isi kesepakatan termasuk menarik penuh pasukan asing dalam waktu 18 bulan, dengan syarat Taliban memberikan garansi tak akan lagi menjadikan Afghanistan sebagai basis Al Qaeda atau Daesh (ISIS) yang merupakan kelompok militan atau teroris. Kesepakatan ini belum ditandatangani dan detail lainnya masih belum jelas.

Pada saat yang sama, kelompok militan belum mencapai kesepakatan dengan Kabul, karena Kabul yang terakhir mendesak Taliban berpartisipasi dalam pembicaraan damai dan berjanji untuk mengurangi kehadiran militer asing.

Taliban, kelompok pemberontak, merebut kekuasaan di Afghanistan pada tahun 1996. Kekuasaan kelompok ini kemudian jatuh ketika AS menginvasi negara tersebut pada 2001 untuk perang balasan terhadap Al Qaeda pasca serangan 9/11. Washington mengatakan Afghanistan menjadi tempat persembunyian yang aman bagi jaringan teroris ketika Taliban berkuasa.

Sejumlah pasukan AS telah ditarik dari Afghanistan pada akhir 2014. Namun kontingen kecil tetap berlanjut mendukung pasukan bersenjata Afghanistan dalam memerangi terorisme. [spy-red]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *