23 April 2019
  • 23 April 2019
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • Jawa Barat
  • Tour Citarum Bersama Mayjen TNI (Purn) Suharno, Demi Menjaga Aliran Tetap Jernih

Tour Citarum Bersama Mayjen TNI (Purn) Suharno, Demi Menjaga Aliran Tetap Jernih

By on 24 March 2019 0 2215 Views

Republik-online.com – Demi menjaga dan memperbaiki ekosistem Sungai Citarum dimulai dari hulu sungai Citarum Situ Cisanti yang terletak di Gunung Wayang Bandung Selatan Jawa Barat, Tour Citarum akhirnya dilaksanakan mulai hari Jumat (22/3/2019) kemarin.

Rangkaian kegiatan ini digagas Mayjen TNI (Purn) Suharno. Bersama dengan para pegiat lingkungan hidup mulai menyusuri Situ Cisanti dan meninjau langsung 7 mata air yang mengalir ke sungai Citarum.

“Ini adalah salah satu mata air, dari beberapa mata air yang mengalir ke situ Cisanti. Kita lihat airnya masih jernih dan bisa diminum langsung karena ini memang mata air yang bersih dan higienis, Semoga ini adalah upaya kita agar air dari mata air ini bisa mengalir ke sungai Citarum dalam keadaan tetap jernih seperti ini sehingga ekosistemnya bisa hidup kembali. Jika air disfungsi citarum sudah Jernih, ” tutur Suharno di sebuah mata air di Danau Cisanti.

Setelah menjelajahi beberapa mata air. Tak lupa Suharno bersama rombongan menyempatkan diri naik ke atas perahu. Sebuah spot untuk
Photoshop shot bagi pengunjung Danau Cisanti. Dimana dari lokasi tersebut pemandangan Danau Cisanti begitu elok dilihat.

“Gagasan besar ini wajib diapresiasi dan didukung oleh semua pihak terkait. Baik itu masyarakat, LSM, lembaga pemerintah dan semua pihak terkait untuk kembali peduli terhadap Danau Cisanti dan sungai Citarum. Semoga gagasan besar ini bisa diejawantahkan oleh semua pihak agar cita-cita besar Citarum harum bisa cepat terwujud, ” ujar Suharno.

Tour Citarum dilaksanakan dalam kurun waktu beberapa hari dimana tim akan melakukan penyusurusan dari hulu sungai dan dilanjutkan ke beberapa waduk atau bendungan sungai Citarum, yang nanti akan berakhir di muara sungai, pantai Tanjung Pakis. [Red-7]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *