8 April 2020
  • 8 April 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • TNI Siap Amankan Pilkada Serentak Hingga PON 2020 di Papua

TNI Siap Amankan Pilkada Serentak Hingga PON 2020 di Papua

By on 29 January 2020 0 76 Views

Jakarta, ROC – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan, ada beberapa agenda yang dibahas dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2020, di Cilangkap, Jakarta Timur. Salah satunya TNI akan siap siaga dan senantiasa waspada terhadap gejolak politik yang mengancam stabilitas keamanan di Indonesia.

“Terkait agenda nasional yang terkait dengan tugas-tugas TNI yaitu Pilkada serentak 2020, di Papua kerawanan-kerawanan wilayah maupun meningkatnya suhu politik dapat berimplikasi jadinya konflik di tengah-tengah masyarakat,” katanya di lokasi, Rabu (29/1).

Selain itu, katanya, TNI akan mempertebal pengamanan empat venue penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

“Pengamanan PON XX 2020 di Papua, TNI juga siap berikan pengamanan untuk suksesnya PON 2020 dengan mempertebal (pasukan pengamanan) di beberapa tempat karena akan dilaksanakan di empat venue yakni di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke,” ujar Hadi.

TNI juga akan memperkuat Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB). Pasukan ini akan mengantisipasi bencana seperti banjir, tanah longsor hingga kemarau panjang.

“Semua sudah direncanakan baik. Termasuk antisipasi apabila terjadi hujan lebat antisipasi banjir, tanah longsor dan apabila juga terjadi kemarau panjang yang diprediksi BMKG, kita juga telah mempersiapkan paling tidak kita perkuat PRCPB yang mampu melaksanakan tugas di dua trouble spot sesuai dengan ketentuan alutsista yang kita miliki bekerja sama dengan BNPB,” kata Hadi.

Hadi memastikan TNI siap mendukung dan mengerahkan prajurit untuk membantu Polri dalam menjaga keamanan negara.

“Sesuai dengan apa yang saya sampaikan kemarin bahwa TNI akan mendukung tugas polri dalam rangka pengamanan pelaksanaan pilkada serentak 2020, dan kebetulan diikuti oleh 270 kota kabupaten provinsi, dan semuanya sudah terencana sesuai dengan hasil rapat pimpinan TNI-Polri yang dilaksanakan kemarin,” pungkas Hadi. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *