21 October 2020
  • 21 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Tilang Elektronik Diberlakukan di Tol Dalam Kota Mulai Oktober 2019

Tilang Elektronik Diberlakukan di Tol Dalam Kota Mulai Oktober 2019

By on 20 September 2019 0 196 Views

Jakarta, ROC – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama Jasa Marga akan menindak pelanggaran lalu lintas di ruas tol dalam kota menggunakan kamera electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik. Penindakan dengan kamera itu mulai berlangsung pada Oktober 2019.

“Rencana E-TLE di ruas tol di-launching bulan Oktober,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir saat dimintai konfirmasi wartawan, Jumat (20/9/2019).

Nasir tidak menjelaskan detail di titik-titik mana ruas tol dalam kota yang akan dipasangi kamera E-TLE itu. Dia menyebut penempatan kamera itu masih sebatas di ruas tol dalam kota.

“Pertama di (tol) dalam kota. Nanti kalau MoU-nya sudah tinggal penempatan-penempatan kamera di wilayah yang jadi wewenang Jasa Marga. Kan jalan tol beda-beda, tidak semua Jasa Marga,” ungkap Nasir.

Nasir mengatakan penindakan E-TLE di ruas tol merupakan hasil kerja sama Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Jasa Marga. Polisi berharap adanya penindakan dengan E-TLE ini dapat membuat pengendara kendaraan semakin tertib.

“Ini kerja sama antara Dinas Jasa Marga dengan Ditlantas Polda Metro Jaya. Kalau ditanya tujuannya, masing-masing punya tujuan. Bagi kita ketertiban, kamseltibcarlantas. Bagi Jasa Marga untuk mengurangi pelanggaran-pelanggaran,” jelas Nasir.

Seperti diketahui, kamera E-TLE sudah terpasang di 12 titik di sepanjang Sudirman-Thamrin. Kamera ini mampu menganalisis berbagai pelanggaran, seperti tidak mengenakan seat belt, memakai ponsel saat berkendara, melanggar ganjil-genap, melanggar marka jalan, dan melanggar lampu lalu lintas. Selain itu, tilang elektronik akan diberlakukan di koridor busway mulai bulan depan. (Red/DetikNews)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *