11 July 2020
  • 11 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Tetap Jalin Silaturahmi Saat Pandemi, Paguyuban Warga Karanganyar Gelar Halal Bihalal Virtual

Tetap Jalin Silaturahmi Saat Pandemi, Paguyuban Warga Karanganyar Gelar Halal Bihalal Virtual

By on 31 May 2020 0 87 Views

Surakarta, ROC – “Tak ada rotan akarpun jadi” demikian peribahasa yang mengartikan bahwa apa saja bisa dilakukan, salah satunya adalah kegiatan Halal Bi Halal Idul Fitri 1441 Hijriyah oleh Paguyuban Warga Karanganyar Surakarta (PWKS) Minggu (31/5) sore kemarin.

Memanfaatkan tekhnologi, halal bihalal ditengah pandemic Covid 19 ini digelar secara virtual melalui aplikasi komunikasi menggunakan video conference. Meski dilakukan via internet, namun tidak mengurangi antusiasme warga Karanganyar, dimana lebih dari 110 keluarga ikut dalam HBH online yang mengangkat tema “Hikmah Pandemi Covid 19, Meningkatkan Persaudaraan Guyub Rukun Warga PWKS”.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Karangannyar Juliyatmono  selaku Ketua Dewan Pembina PWKS, Ketua Umum PWKS Mayjen (Purn) Suharno, Ketua Harian, Sekjen, Bendahara Umum dan seluruh pengurus PWKS, perwakilan Paguyuban se Jawa Tengah, perwakilan komunitas dan paguyuban lain, serta unsur Kecamatan dan Kelurahan se-Karanganyar.

Dalam sambutannya, Juliyatmono mengatakan, silaturahmi lebaran tahun ini berbeda dari sebelum-sebelumnya. Meskipun tak bisa bertatap muka secara langsung, namun tidak mengurangi makna kebersamaan yang telah terjalin lama.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Karanganyar, saya mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Taqobbalalllahu minna wa minkum,” kata Juliyatmono.

Sementara itu, Suharno menyampaikan, meski pandemi saat ini memisahkan secara fisik para anggota PWKS, namun secara batin hubungan antar anggota justru semakin kuat. Pandemi tidak akan menghambat silaturahmi yang muncul dari rasa saling menyayangi.

“Kita saat ini menuju era baru dengan bersilaturahmi secara virtual, dengan tidak mengurangi esensi dan makna dari silaturami itu sendiri,” ujar Suharno.

Secara khusus, Mayjen TNI (P) Dr. Ir. H. Suharno, M.M saat di wawancara republik-online.com melalui sambungan telepon menjelaskan bahwa, halal bi halal merupakan tradisi yang merefleksikan kewajiban menjalin hubungan baik dengan sesama guna melengkapi ibadah kepada Allah SWT, selain itu dengan adanya pandemic covid 19 ini, beliau berharap agar seluruh anggota PWKS khususnya serta masyarakat Indonesia umumnya dapat memanfaatkan momen ini sebagai harapan baru agar Indonesia dapat menjadi pionir ekonomi, pertahanan, dan menjadi negara paling maju mengungguli negara adidaya saat ini.

Waman Yattaqillaha Yaj’allahu Makhrajan,” Ucap Jendral bintang dua ini.

Beliau menjabarkan bahwa arti dari Surah At Talaq Ayat 2-3 tersebut adalah “Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan mengadakan baginya jalan keluar  (dari segala perkara yang menyusahkannya)”

Jadi tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa terjadi, Allah akan memberikan solusi dalam mengatasi Covid 19 dan dampaknya kepada perekonomian Indonesia ke depan, asalkan seluruh umat manusia bertakwa kepada Allah, melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya, mau berusaha, maka bukan hal yang musykil jika Indonesia dapat memimpin dunia.

Selain itu, Suharno mengapresiasi kerja seluruh anggota PWKS, dimana Paguyuban tersebut telah tanggap dan secara cepat memberikan bantuan berupa APK dan APD kepada masyarakat Karanganyar disaat bencana covid mulai merebak. Selain itu, PWKS juga memberikan bantuan sembako kepada warga Karanganyar di Jabodetabek yang terdampak dan tidak bisa mudik.

“Dengan Mengucapkan Taqobbalallahu Minna Wa Minkum…. Taqobbal Ya Karim… Barokallahu Fikum. Mohon Maaf Lahir & Bathin,” ujar Suharno mengakhiri sambutannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *