16 July 2019
  • 16 July 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Tersangkut Suap, Mantan Bupati Jombang Divonis 3,5 Tahun Penjara

Tersangkut Suap, Mantan Bupati Jombang Divonis 3,5 Tahun Penjara

By on 5 September 2018 0 100 Views

Surabaya, ROC – Pengadilan Tidak Pidana Korupsi (Tipikor), menjatuhkan vonis 3,5 tahun penjara kepada Mantan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko di Pengadilan Tipikor Surabaya (4/9).

Ketua Majelis Hakim, Unggul Warso Mukti dalam amar putusannya menyebutkan, perkara suap yang melibatkan mantan Bupati Jombang telah secara sah serta terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Selain menjatuhkan kurungan, Hakim mencabut hak politik Nyono Suherli selama 3 tahun, terhitung sejak masa hukuman pidana yang dijalaninya.

“Menjatuhkan hukuman pidana selama 3,5 tahun penjara serta membayar denda sebesar Rp.100 juta,subsider 2 bulan penjara,” ujar Hakim.

Vonis yang dijatuhkan kepada terdakwa, lebih ringan daripada tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut hukuman pidana selama 8 tahun penjara dan denda sebesar Rp.300 juta subsider 3 bulan penjara.

Menanggapi vonis hakim, jaksa penuntut umum Wawan Yunarto menyatakan akan melakukan banding. JPU menyebutkan bahwa putusan hakim dianggap tidak mengakomodir dakwaan yang pertama. Padahal fakta persidangan dianggap sudah menguatkan dakwaan yang pertama.

“Hakim seharusnya menjatuhkan vonis pidana sesuai dengan dakwaan yang pertama yakni pasal 12 huruf a,apalagi fakta persidangan sudah menunjukkan demikian,” kata Wawan seusai sidang.

Secara terpisah kuasa hukum terdakwa bapak Soesilo mengatakan bahwa putusan majelis hakim sudah sesuai dengan harapannya. Untuk itu kuasa hukum terdakwa akan berpikir terlebih dahulu dalam menanggapi putusan tersebut.

Perlu diketahui, dalam kasus ini mantan Bupati Jombang Nyono Suherli tertangkap tangan KPK.terkait kasus suap dalam pengangkatan Inna Silestowati sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan dan juga merangkap sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Selain itu juga mantan bupati jombang bapak Nyono Suherli menerima pemberian uang untuk perizinan Rumah Sakit.

Kasus tersebut diungkap oleh KPK saat Nyono Suherli masih menjabat sebagai Bupati Jombang dan mencalonkan kembali untuk periode keduanya, yang berpasangan dengan calon wakil bupati Subaidi Muchtar.

Nyono Suherli tertangkap tangan KPK di stasiun Balapan Solo pada februari lalu. Barang bukti yang diamankan berupa uang sebesar Rp.25 juta serta pecahan dollar AS sebesar 9.500 US$.

Selain Nyono, KPK juga mengamankan Inna Silestowati selaku ku pemberi suap. (HRD/HP)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *