25 January 2021
  • 25 January 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Tempat Khusus Vaksin Covid-19 Disiapkan di RSUD Tangerang

Tempat Khusus Vaksin Covid-19 Disiapkan di RSUD Tangerang

By on 8 December 2020 0 64 Views

Vaksin Sinovac Disimpan di Bio Farma Bandung. ©2020 Sekretariat Presiden

ROC — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang telah mempersiapkan tempat penyimpanan khusus vaksin Covid-19. Tempat vaksin ini sedikit berbeda dengan tempat penyimpanan vaksin lain yang sudah ada.

Kepala Instalasi Farmasi RSU Kabupaten Tangerang, Yudi Murdianto menerangkan ruang khusus tersebut disiapkan agar vaksin untuk Covid-19 disimpan terpisah dari vaksin lainnya.

“Kita menyiapkan ruangan khusus untuk vaksin Covid-19 berdasarkan standar yang ada,” kata dia saat dikonfirmasi Senin (7/12).

Dia menerangkan tempat khusus penyimpanan vaksin Covid-19 harus dalam kondisi suhu bertekanan rendah hingga 2 derajat celcius.

“Ada alat yang kita sebut pharmaceutical refrigerator tempat khusus penyimpanan vaksin corona, karena suhunya harus terkontrol 2 sampai 8 derajat celcius,” ujarnya.

Untuk saat ini, pihak RSUD Kabupaten Tangeran memiliki dua alat pharmaceutical refrigerator dengan kapasitas masing-masing alat 1.225 liter dan 160 liter.

“Tapi kami belum tau fisik vaksin seperti apa. Sehingga belum bisa informasi berapa banyak vaksin yang bisa ditampung,” terang Yudi

Dia menuturkan, RSUD Tangerang tengah membentuk ll tim khusus yang menangani penyimpanan vaksi sekaligus untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

“Saat ini proses on going, sedang bentuk team vaksin internal,” kata dia.

Pada tahap penyimpanan, petugas vaksin Covid-19 tetap menerapkan protokol kesehatan kerja di Rumah Sakit. Berikut penggunaan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Iya sesuai SPO petugas pada masa pandemi, APD lengkap karena kita tidak tahu orang yang akan divaksinasi sehat atau pembawa virus atau carier,” kata dia.

Sebelumnya, vaksin Sinovac asal Beijing, RRT tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pada Minggu (6/12) malam.

(red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *