19 October 2020
  • 19 October 2020
Breaking News

Tebar Semangat Toleransi, Kedubes Oman Gelar Pameran Budaya

By on 15 November 2019 0 3101 Views

Jakarta, ROC – Kedutaan Besar Kesultanan Oman mengadakan pameran budaya bertajuk “Toleransi, Pemahaman, Koeksistensi: Pesan Islami dari Oman” di Perpustakaan Nasional Jakarta, pada Kamis (14/11) hingga Senin (18/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukan toleransi beragama,pemahaman antar budaya serta dialog antar agama yang menggambarkan Islam dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Arab modern di Oman.

Duta Besar Kesultanan Oman, Nazar bin Al Julanda bin Majid Al Said menyampaikan, pameran ini telah diselenggarakan di 38 negara. Dipilihnya Indonesia sebagai lokasi karena memiliki kesamaan dengan negaranya yaitu sama-sama dikenal sebagai negara toleran.

“Kami sama-sama berada di negara yang toleran. Indonesia adalah tanah Pancasila, negara yang beragam tapi satu, dan alhamdulillah kami memegang nilai yang sama. Kami juga telah menebarkan pesan perdamaian sepanjang sejarah bangsa kami,” jelasnya Nazar kepada wartawan.

Nazar mengatakan, hubungan Oman dan Indonesia telah terjalin sejak lama. Pesan perdamaian dari Oman pun telah disampaikan sejak ribuan tahun lalu, saat pedagang Oman memasuki Indonesia. Tak hanya itu, ribuan tahun lalu saat warga Muslim nusantara menunaikan ibadah haji melalui jalur laut, Oman adalah salah satu wilayah yang dilintasi.

“Ini bukan pesan pertama perdamaian Oman yang dikirim ke Indonesia. Sejarahnya lebih dari seribu tahun lalu pedagang Oman datang ke wilayah ini menyebarkan perdamaian, bertukar barang dan menjalin hubungan dan juga di saat yang sama warga Indonesia khususnya Muslim ketika mereka pergi melalui jalur laut ke Mekkah mereka harus melewati Oman dan pesan Islam dari Oman yang kita lihat hari ini adalah kelanjutan dari apa yang pernah terjadi dalam sejarah kita,” jelasnya.

Dalam pameran ini ditampilkan sejarah Kesultanan Oman dan bagaimana negara tersebut membangun toleransi antar umat beragama di wilayahnya. Nazar menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Luar Negeri dan Perpustakaan Nasional yang telah mendukung berlangsungnya pameran ini.

“Saya merasa sangat terhormat dengan kedatangan setiap orang yang bisa mengambil pelajaran dari pameran ini,” pungkasnya. (Red/Dzim)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *