5 December 2019
  • 5 December 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek akan Digratiskan Hingga Akhir 2019

Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek akan Digratiskan Hingga Akhir 2019

By on 2 December 2019 0 14 Views

Jakarta, ROC – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II) akan diresmikan pada pekan ke-2 bulan ini. Pemerintah pun akan menggratiskan tarif tol ini dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru.

“Japek (Jakarta-Cikampek) elevated akan diresmikan minggu ke-2 Desember, rencananya gratis sampai Nataru nanti,” ujarnya saat Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Senin (2/12).

Nantinya, hanya kendaraan golongan 1 dan 2 saja yang dapat melewati tol Jakarta-Cikampek. “Itu kan hanya golongan 1 dan 2 saja, kalau Japek itu akan diatur Korlantas,” imbuhnya.

Meski demikian, tarif yang akan berlaku setelah Natal dan Tahun Baru masih belum diputuskan. Dirinya akan melakukan rapat terlebih dahulu dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi ada 16 juta penumpang yang akan mudik menggunakan transportasi darat, laut maupun udara.

“Dari evaluasi kami ada penambahan jumlah penumpang 16 juta dengan rincian kereta api 5,9 juta, laut 1,1 juta, angkutan jalan 1,75 juta, penyeberangan 2,2 juta, dan udara 5,2 juta,” kata Menhub.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik, Menhub membeberkan beberapa strategi, yaitu membatasi operasi angkutan barang, melakukan inspeksi terhadap truk over-dimension (ODOL), penerapan grafik perjalanan kereta api dan berkoordinasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca khusus untuk angkutan laut.

Sementara untuk angkutan udara, Kementerian Perhubungan akan melakukan ramp check, menambah jam operasi bandara serta mengimbau tarif tiket agar terjangkau.

 

(Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *