24 October 2020
  • 24 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Tak Selamanya Buruk, Konsumsi Jeroan juga Bisa Beri Manfaat Kesehatan

Tak Selamanya Buruk, Konsumsi Jeroan juga Bisa Beri Manfaat Kesehatan

By on 16 January 2020 0 165 Views

Jakarta, ROC – Jeroan merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari di berbagai daerah di Indonesia. Bahan makanan ini bisa ditemui dalam berbagai bentuk olahan.

Walau selama ini selalu dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan atau kolesterol tinggi, namun ada juga manfaat dari jeroan ini. Pada faktanya, makanan ini juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh tubuh.

Terdapat banyak organ tubuh pada hewan yang banyak dikonsumsi seperti usus, paru, lidah, atau hati. Berbagai organ tubuh ini bisa diperoleh baik dari sapi, kambing, maupun ayam.

Dilansir dari Medical Daily, jeroan ini mengandung sejumlah nutrisi penting yang tidak diperoleh banyak orang. Jeroan ini memiliki banyak zinc, zat besi, serta vitamin B di dalamnya.

Sebagai contohnya, jantung dari hewan tertentu mengandung CoQ10 yang dibutuhkan tubuh. Enzim ini bisa membantu dalam mencegah munculnya stres oksidatif. Selain itu terdapat kandungan zat besi yang juga tinggi dari makanan ini.

Jeroan lain yang bisa sangat bermanfaat adalah ginjal. Bagian ini merupakan sumber yang baik bagi protein dan folat. Sedangkan hati memiliki kandungan vitamin B12 dan vitamin A yang sangat tinggi.

Hati Hewan Tak Mengandung Racun

Berbeda dari manusia, hati hewan tidak menyerap semua racun di tubuh mereka dalam upaya mengeluarkannya. Pada faktanya, hati mengeluarkan racun melalui air kencing melalui ginjal.

Hati hewan ini juga diketahui menyimpan vitamin yang bisa larut dalam lemak. Hal ini bisa dipindah pada manusia melalui siklus makan yang alami.

Walau memiliki manfaat sehat, namun konsumsi jeroan terutama ketika berlebihan bisa berdampak negatif. Wanita hamil disarankan untuk berhati-hati mengonsumsi makanan ini karena bisa berdampak pada proses kelahiran. Pada sejumlah orang tertentu, konsumsi jeroan juga dikhawatirkan bisa memicu masalah asam urat. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *