17 October 2019
  • 17 October 2019
Breaking News

Syarat Memiliki Kartu Identitas Anak Di Kabupaten

By on 18 March 2019 0 145 Views

MOJOKERTO, ROC – Masyarakat Kabupaten Mojokerto yang sudah memiliki Kartu Identitas Anak sekarang ini sudah mencapai sekitar 30 ribu. Stok KIA saat ini sangat menipis sehingga Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto memberlakukan prioritas bagi anak yang akan masuk ke jenjang sekolah.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto, Bambang Eko Wahyudi mengatakan bahwa, masyarakat yang ingin mengurus Kartu Indentitas Anak, sementara ini masih dibatasi bagi anak usia 5 tahun ke atas serta diprioritaskan bagi anak yang akan masuk sekolah.

“Di sebabkan blanko menipis dan masih menunggu proses pengadaan, maka yang akan mengurus KIA kita utamakan dulu bagi anak usia sekolah, seperti misalnya anak TK B mau ke SD, SD ke SMP atau SMP ke SMA,” jelasnya.

Bambang menjelaskan bahwa, masyarakat yang ingin mengurus KIA bisa langsung datang ke Kantor Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto tanpa dipungut biaya. Dan syaratnya yaitu harus membawa foto copy Akte Kelahiran Anak, KK, KTP orang tua dan surat keterangan dari sekolah yang disertakan dengan foto ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar saja.

“Bagi anak yang tahun kelahirannya ganjil maka background fotonya berwarna merah. Sedangkan anak yang tahun kelahirannya genap, maka background fotonya berwarna biru,” jelasnya.

Stok blanko KIA sekarang ini tinggal sekitar 6000 keping saja kata bambang, selaku Kepala Dispendukcapil. Sekitar dua bulan lagi pengadaan tambahan 15 ribu keping akan selesai. “Sementara waktu ini memang kita khususkan dulu pencetakan KIA bagi anak yang masuk sekolah serta umur diatas 5 tahun. Untuk bayi usia 0 sampai kurang dari 5 tahun, dimohon bersabar dulu untuk menunggu blankonya,” jelasnya.

Ada dua jenis KIA bagi anak berusia antara 5 tahun sampai 17 tahun yang kurang dari satu hari, maka wajib dilengkapi dengan foto. Sedangkan bagi bayi dan anak yang usianya 0 sampai sebelum 5 tahun tanpa disertai foto.

Tidak untuk sabagai Kartu Identitas Anak saja, penerapan KIA sangat beragam juga sebagai syarat administrasi lainnya seperti pembuatan tabungan, syarat masuk sekolah dan untuk lainnya. (US/HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *