10 December 2019
  • 10 December 2019
Breaking News

Survei Elektabilitas Republik di Majalengka, Maman-Jefry Unggul Telak

By on 25 June 2018 0 159 Views

Majalengka, Roc – Republik Online merilis hasil survei terhadap elektabilitas terhadap calon bupati dan wakil bupati Majalengka 2018. Hasilnya pasangan Maman Imanulhaq dan Jefry Romdoni unggul 42%.

Survei dilakukan pada 21 – 24 Juni 2018., yang dilakukan kepada 1.000 responden. Metode yang digunakan adalah stratified systemic random sampling. Margin of Error 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95% dan quality control 20%.  Survei memberikan beberapa simulasi kepada responden dalam surveinya, mulai soal popularitas sampai elektabilitas.

Eletabilitas terbuka Maman-Jefry 42% lebih unggul secara signifikan dari Karna – Santoso yang hanya mendapatkan dukungan sebesar 28%, sedangkan pasangan Sanwasi – Taufan mendapat 26% dan 4% menyatakan tidak mendukung.

Dari hasil survei itu sebanyak 1% pemilih menyatakan rahasia dan 3% menyatakan tidak tahu atau tidak jawab. Sedangkan dari sisi simulasi popularitas dan likeabilitas kandidat Maman Imanulhaq unggul sebanyak 90% dikenal pemilih.

Survey yang dilakukan di 26 kecamatan 319 desa dan 13 kelurahan tersebut dilakukan secara random, rata-rata repsonden mayoritas mengatakan bahwa mereka memilih karena ingin ada perubahan, sedangkan untuk sisanya beragam, seperti factor kedekatan, factor partai pendukung, dan factor telah mengetahui siapa calonnya tersebut.

Pemilihan tinggal menghitung hari, dan siapapun pemimpindi Kabupaten Majalengka yang nantinya akan terpilih, masyarakat mengharapkan agar Majalengka bisa lebih maju dan sejajar dengan kabupaten atau kota lainnya di Indonesia dan khususnya di Provinsi Jawa Barat sendiri. [RedROC/Abd]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *