24 March 2019
  • 24 March 2019
Breaking News

Sungai Citarum Kembali Meluap, Suharno Yakin Kedepan Akan Teratasi

By on 26 February 2019 0 59 Views

Bandung, ROC – Banjir akibat luapan Sungai Citarum di di Kampung Bojong Asih, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,semakin parah dan meluas. Di beberapa titik, ketinggian air sudah lebih dari 1 meter.

Intensitas hujan yang sangat tinggi sepekan terakhir ini di hulu Sungai Citarum, menyebabkan debit air sungai semakin tinggi. Selain Bojongasih yang merupakan daerah terparah yang terdampak, banjir juga meluas ke Bojongsoang dan Baleendah.

Menurut penggagas tur Citarum yang juga merupakan pemerhati lingkungan hidup, Mayjen TNI (Purn) DR. Ir. H. Suharno, MM, banjir yang terus terjadi di bantaran sungai Citarum selain karena intensitas tinggi, juga penyebabnya karena beberapa fungsi lahan telah berubah.

Baca Juga: 

“Selain curah hujan tinggi, adanya alih fungsi lahan membuat debit air Sungai Citarum meluap jika diguyur hujan,” ujar Suharno.

Kemungkinan lain, lanjut Suharno adalah kembali adanya pendangkalan dasar sungai Citarum dibeberapa titik.

“Walau begitu, saya yakin masalah klasik ini nantinya akan teratasi, apalagi sekarang program Citarum Harum sedang bergulir, Hampir setahun berjalannya program tersebut, menumbuhkan optimisme baru dalam menghidupkan kembali Sungai Citarum. Program ini setidaknya telah menghidupkan kepedulian banyak pihak akan pentingnya merawat sungai dan lingkungan,” pungkasnya. (Red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *