11 April 2021
  • 11 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Sudah Digratiskan, Jokowi Tegaskan Masyarakat Lakukan Vaksin Covid-19

Sudah Digratiskan, Jokowi Tegaskan Masyarakat Lakukan Vaksin Covid-19

By on 20 December 2020 0 81 Views

ROC — Diberitakan sebelumnya, saat ini, pemerintah mengubah kebijakannya terkait program vaksinasi. Dari sebelumnya ada yang berbayar menjadi gratis untuk semua masyarakat.

Dalam keterangan persnya baru-baru ini, Rabu (16/12), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kebijakan ini berubah setelah menerima banyak masukan dari masyarakat.

“Setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” kata Jokowi.

Dia pun menginstruksikan kepada jajarannya baik kementerian/lembaga maupun pemda untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

“Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan kepada menteri keuangan untuk memprioritaskan dalam merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini. Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” ujarnya.

Sebelumnya Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa untuk untuk menghadirkan kekebalan komunitas atau herd immunity setidaknya 70% dari populasi harus divaksinasi. Seperti diketahui vaksin Covid-19 merupakan salah satu upaya penanganan pandemi yang bertujuan untuk menghadirkan kekebalan komunitas atau herd immunity.

“Perlu saya informasikan dibutuhkan sekitar 70% populasi untuk membentuk kekebalan komunitas. Dan sangat tergantung efektivitas masing-masing vaksin tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dampak vaksinasi terhadap pengendalian transmisi covid-19 akan berlangsung secara bertahap,” paparnya.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *