17 February 2020
  • 17 February 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Status Gunung Tangkuban Parahu Diturunkan, Aktivitas Wisata Sudah Dibuka

Status Gunung Tangkuban Parahu Diturunkan, Aktivitas Wisata Sudah Dibuka

By on 21 October 2019 0 55 Views

ROC – Status Gunung Tangkuban Parahu sudah turun menjadi normal atau di level I. Meski demikian, penurunan status itu disertai dengan rekomendasi tidak ada aktivitas di bibir kawah.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani mengatakan tempat wisata du gunung Tangkuban Parahu bisa dibuka kembali terhitung sejak Senin (21/10) pagi.

“Gunung Tangkuban Perahu diturunkan dari level II waspada menjadi level I normal. Dengan rekomendasi tidak ada aktivitas di bibir kawah dan masuk di kawah aktif,” ujarnya di kantor PVMBG.

Keputusan ini diambil berdasarkan data visual dan evaluasi. Data pemantauan visual menunjukan aktivitas gunung kembali normal. Indikatornya, tidak ada aktivitas erupsi, lalu tidak terdapat emisi abu dan hembusan gas relatif stabil dan rendah.

Lalu, getaran dan deformasi kembang kempisnya gunung menurun dan stabil. Tidak ditemukan data indikasi akan terjadi inflasi pengembungan. Sedangkan gas vulkanik yang keluar disekitar bibir kawah relatif di bawah ambang batas.

“Sejak satu bulan terakhir tidak terjadi erupsi apalagi disertai emisi abu. Hanya asap putih dengan ketinggian rata-rata 50 meter,” ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya mengharapkan masyarakat tetap tenang dan berkoordinasi dengan PVMBG serta pos pemantauan mengenai status lanjutan dari gunung Tangkuban Parahu.

“Sekarang tidak terdapat desakan magma dari bawah gunung. Dari pemantauan, tidak ada kandungan gas berbahaya relatif dibawah ambang batas dan aktivitas vulkanik menurun dan stabil,” katanya.

Sebelumnya, Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu mengalami beberapa kali erupsi pada 26 Juli, lalu pada 2 Agustus sehingga PVMBG menaikkan status vulkanologi dari level normal ke level waspada. Dengan kondisi itu, tempat wisata di Gunjng Tangkuban Parahu ditutup.

 

 

(Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *