16 June 2019
  • 16 June 2019
Breaking News

Sorotan Media Asing Terhadap Debat Capres Jokowi vs Prabowo

By on 1 April 2019 0 108 Views

Rrepublik-online.com – Masyarakat Indonesia telah melihat bagaimana calon nomor urut 1, pertahanan, Presiden Joko Widodo dan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto beradu retorika soal isu ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Debat capres babak keempat untuk Pemilu 2019 tersebut telah digelar di Hotel Shangri-La Jakarta malam kemarin, Sabtu 30 Maret 2019 kemarin.

Tak hanya menjadi perhatian bangsa, debat capres semalam juga menuai sorotan dari sejumlah media internasional, dengan masing-masing menulis ulasannya tentang bagaimana para calon bersilat lidah.

“Debat antara Presiden Joko Widodo dan saingannya Prabowo Subianto menjelang pemilihan bulan depan tidak mengecewakan,” nilai outlet surat kabar Singapura, the Strait Times dalam ulasannya berjudul ‘Reform the trigger word in robust debate between Indonesian President Joko and challenger Prabowo’, Minggu (31/3/).

“Kedua orang mengambil sikap yang lebih agresif ketika mereka berdebat mengenai ideologi, diplomasi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan,” lanjut the Strait Times.

“Debat itu, bagaimanapun, mengambil nada yang lebih berapi-api selama segmen pertahanan nasional.”

Sementara itu, outlet media ekonomi raksasa Amerika Serikat, Bloomberg, mengangkat judul ‘ Jokowi, Prabowo Spar Over Defense Policy as Indonesia Vote Nears’ – mereferensi segmen debat capres pada isu pertahanan yang dinilai cukup panas.

“Prabowo Subianto, yang menantang ulang Joko Widodo usai pemilihan 2014, mengatakan dia akan secara signifikan meningkatkan pengeluaran pertahanan untuk lebih mempersiapkan angkatan bersenjata negara terhadap ancaman eksternal. Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, berusaha mendukung kemampuan teknis pasukan, dengan mengatakan perang di masa depan akan diperjuangkan dengan kekuatan teknologi,” ulas Bloomberg. [spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *