24 October 2020
  • 24 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Soal Resesi di Masa Pandemi, Ini Pesan Wakil Sri Mulyani

Soal Resesi di Masa Pandemi, Ini Pesan Wakil Sri Mulyani

By on 5 August 2020 0 129 Views

Foto: ilustrasi/idj/ROC

ROC – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan resesi. Meski saat ini sudah banyak negara yang masuk ke jurang resesi akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, Indonesia sudah pasti tumbuh negatif pada kuartal II ini. Bahkan pihaknya memproyeksi pertumbuhan ekonomi bisa negatif 3% sampai 5,1% di kuartal II ini.

“Kami sih berharap tidak negatif, tapi kalau sampai negatif, ya jangan khawatir dengan urusan label (resesi),” ujar Suahasil melalui webinar virtual, Selasa (4/8).

Menurutnya, meski di kuartal II negatif, tapi pemerintah akan berupaya agar di kuartal III dan IV bisa kembali tumbuh positif. Oleh karenanya, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan yang bisa membantu masyarakat hingga dunia usaha yang tertekan oleh Covid-19.

“Kita berusaha supaya kuartal III itu apapun trennya, pokoknya harus positif, artinya pertumbuhan ekonomi kuartal III harus lebih baik dari kuartal dua,” katanya.

Lanjutnya, jika perekonomian Indonesia bisa tumbuh positif di kuartal III, maka akan terlepas dari jurang resesi. Sebab, di kuartal I-2020, perekonomian nasional masih tumbuh positif meski negara lain banyak yang sudah negatif.

“Resesi di teori ekonomi adalah situasi di mana kalau terjadi pertumbuhan negatif selama dua kuartal berturut-turut. Kita lihat kasusnya Indonesia, kuartal I tumbuh 2,97%, artinya masih positif, tidak negatif,” jelasnya. (Red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *