27 February 2020
  • 27 February 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Setelah Sumbing Membara, Hutan Gunung Sindoro Juga Terbakar

Setelah Sumbing Membara, Hutan Gunung Sindoro Juga Terbakar

By on 24 September 2019 0 80 Views

Wonosobo, ROC – Setelah sebelumnya hutan di Gunung Sumbing berkobar, kini api juga membakar hutan di gunung yang bersebelahan, Gunung Sindoro. Kebakaran terjadi di Petak 20 b-2 RPH Anggrunggondok BKPH Wonosobo, Desa Candiyasan, Kertek, Wonosobo, Jateng.

Asisten Perhutani BKPH Wonosobo, Supriyono, mengatakan titik api mulai terlihat sekitar pukul 18.30 WIB pada Senin (23/9) kemarin. Adapun jenis tanaman yang terbakar adalah rumput dan alang-alang seluas 25,4 hektar.

“Awalnya, anggota basecamp Pajero Anggrunggondok mendapat laporan dari warga yang melihat titik api pada pukul 18.30 WIB. Kemudian, anggota basecamp melaporkan kepada kami,” ujarnya, Selasa (24/9/2019).

Usai mendapat laporan tersebut, sekitar pukul 20.15, petugas basecamp sudah sampai titik kebakaran untuk melakukan pemadaman. Hanya, karena angin yang cukup kencang, membuat pemadaman sulit dilakukan.

“Akhirnya diputuskan, pemadaman dilanjutkan hari ini. Jadi kerugiannya berapa masih belum diketahui,” terangnya.

Namun demikian, berdasarkan pantauannya pada Selasa (24/9) pagi, sudah tidak terlihat titik api atau kepulan asap. Namun demikian, pihaknya bersama TNI/Polri, BPBD, CDK akan melakukan pengecekan ke lokasi kebakaran hutan.

“Semalam memang belum berhasil dipadamkan, tetapi dari kejauhan pagi ini titik api tidak kelihatan termasuk kepulan asap. Hari ini kami akan menyisir ke lokasi kebakaran untuk memastikannya,” tuturnya. (Red/HarmoniMedia)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *