23 January 2021
  • 23 January 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Selain 6 Menteri Baru, Jokowi Lantik 5 Wamen Kabinet Indonesia Maju

Selain 6 Menteri Baru, Jokowi Lantik 5 Wamen Kabinet Indonesia Maju

By on 23 December 2020 0 64 Views

Pelantikan enam menteri baru dan lima wakil menteri Kabinet Indonesia Maju hasil reshuffle di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12/2020) pagi. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta.

Keenam nama menteri dikukuhkan dalam Keputusan Presiden Nomor 133/P Tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

“Mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, Rabu (23/12/2020).

Berikut enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju yang akan dilantik Jokowi:

1. Menteri Sosial Tri Rismaharini

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno

3. Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin

4. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

5. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

6. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Lantik 5 Wamen

Pelantikan enam menteri baru Jokowi, digelar bersama dengan pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 pukul 09.30 WIB pagi tadi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

“Menteri dan Wakil Menteri akan dilantik hari ini,” ujar Heru ketika dikonfirmasi, Rabu (22/12).

Wakil menteri yang dilantik adalah Pahala Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk Jokowi jadi Menteri Kesehatan.

Lalu, Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, ada nama Edward Omar Sharief Hiariej, Dante Saksono Harbuwono, dan Harfiq Hasnul Qalbi yang bakal dilantik sebagai wamen.

Heru menuturkan, meski ada perombakan kabinet yang menyasar enam menteri, tidak secara otomatis mengganti wakil menteri.

“Tidak satu paket, tidak harus,” ungkapnya.

Kemudian, selain melantik enam menteri dan enam wakil menteri, Presiden Joko Widodo juga akan melantik Irjen Petrus Reinhard Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional dan Hartono Prawiraatmadja sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

Sebelumnya ditulis ada enam wakil menteri yang akan dilantik. Artikel ini ditulis sebelum pelantikan berlangsung, dan nama-namanya berdasarkan undangan pelantikan terhadap pejabat yang akan dilantik. Ada satu nama yang kemudian tidak ada dalam pelantikan, yaitu Abdul Mu’ti.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *