2 July 2020
  • 2 July 2020
Breaking News

Sejumlah Desa di Pasuruan Mengalami Kekeringan

By on 24 June 2019 0 210 Views

PASURUAN, ROC – Musim kemarau mulai terjadi di beberapa daerah, Kurang lebih dua pekan ini kekeringan mulai terjadi di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Sejumlah warga mulai kekurangan pasokan air bersih.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, mulai banyak menerima aduan dari sejumlah desa yang hamper setiap tahunnya langganan kekeringan. Mereka meminta kepada Pemerintah Daerah segera melakukan dropping air bersih supaya kebutuhan masyarakat terhadap air bersih bisa terpenuhi.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bhakti Jati Permana mengatakan kepada awak media bahwa ia membenarkan adanya laporan soal kekeringan. Ada tiga Kecamatan yang sudah melaporkan bahwa wilayahnya telah mengalami kekurangan air bersih, yaitu Kecamatan Lumbang, Kecamatan Pasrepan dan Kecamatan Winongan.

“Kita telah melakukan survei lokasi untuk memastikan laporan tesebut, untuk dilakukan pendataan,” jelasnya.

Kasus kekeringan di Pasuruan memang belum masuk kategori bencana. Akan tetapi pihaknya akan melakukan langkah cepat untuk mengatasi permasalahan kekeringan, dan akan berkoordinasi dengan lintas OPD dan BUMN.

“Opsi yang pertama memang kita meminta bantuan kepada beberapa perusahaan yang ada di sekitarnya untuk memberikan CSR dengan memberikan bantuan pengiriman air bersih,” tuturnya.

Jadi desa yang memang rawan terjadinya kekeringan yaitu Desa Sumberrejo, Desa Kedungrejo, di Kecamatan Winongan, sedangkan Desa Mangguan, Desa Patung, di Kecamatan Pasrepan, dan Desa Watulumbung, Desa Karangjati di Kecamatan Lumbang. (HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *