23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Sayembara Pembuatan Patung Maradona Digelar di Kota Napoli Italia

Sayembara Pembuatan Patung Maradona Digelar di Kota Napoli Italia

By on 10 March 2021 0 57 Views

Ket gbr: Diego Armando Maradona yang lebih dikenal dengan sebutan Maradona adalah mantan pemain sepak bola legendaris Argentina. Maradona menjadi pelatih timnas Argentina mulai November 2008 sampai Juli 2010. Untuk Argentina Maradona tampil sebanyak 91 kali dan mencetak 34 gol. Maradona lahir pada tanggal 30 Oktober 1960 dan meninggal dunia di usia 60 tahun pada 25 November 2020 di Argentina. Foto: Instagram@maradona.

ROC – Kota Napoli mengadakan sayembara pembuatan patung atau monumen lain mulai Selasa (9/3) untuk menghormati Diego Maradona, pemain legendaris yang membela klub lokal, SS Calcio Napoli, selama puncak karier sepak bolanya.

Maradona, meninggal di usia 60 tahun pada 25 November 2020 di di Argentina, membela Napoli dari 1984 hingga 1991, mempersembahkan dua gelar liga Serie A. Hanya di masa Maradona inilah Napoli mampu dua kali merajai kompetisi itu.

Kematian Maradona memicu ratapan duka cita di Napoli, yang ditandai sebagian oleh pihak klub yang mengubah nama “Stadion San Paolo”, nama yang diberikan sejak pembangunannya pada 1959, menjadi “Stadion Diego Armando Maradona” usai kematian sang pemain legendaris.

Di timnas Argentina, Diego Maradona menggunakan nomor punggung 10. Pihak klub itu juga resmi pensiunkan nomor punggung 10 milik Maradona, mengindikasikan nomor itu tidak akan pernah dikenakan pemain lain di waktu mendatang.

Pada Selasa, sejumlah laporan media menyebut bahwa dua mural besar yang didedikasikan untuk Maradona hampir rampung di kota tersebut, dengan salah satunya setinggi 12 meter.

Namun, kejutannya adalah rencana pembuatan patung besar sebagai bentuk penghormatan untuk Maradona.

Kota Napoli mengundang para pemahat untuk mengirimkan gagasan mereka terkait pembuatan monumen terbaru itu.

Kota itu sendiri telah dipenuhi banyak kekayaan budaya termasuk Castel Ovo dari abad ke-12, Katakomba San Gennaro berumur 2.000 tahun, Istana Kerajaan dari era Renaisans, dan Teater San Carlo yang bergaya Barok.

Kontes patung Maradona itu resmi dibuka pada Selasa.

Sayembara itu akan dievaluasi oleh komite yang terdiri dari para pejabat kota, kritikus seni terkemuka, pesepakbola, dan putra Maradona, Diego Armando Jr.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *