13 July 2020
  • 13 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Satres Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Musnahkan Ribuan Barang Bukti Narkotika

Satres Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Musnahkan Ribuan Barang Bukti Narkotika

By on 11 March 2020 0 111 Views

Jakarta, ROC — Narkoba adalah musuh kita bersama dan musuh bangsa Indonesia, yang harus kita perangi bersama, untuk menyelamatkan generasi muda yang akan datang. Menjadikan Indonesia menjadi negara Zero Narkoba, adalah komitmen kita bersama, untuk itu, dengan berbagai system yang kita miliki, kita bersama-sama dengan stake holder dan seluruh instansi terkait yang ada di pelabuhan ini, bersinergi dan bekerja sama dalam memerangi narkoba, termasuk warga masyarakat yang selalu aktif memberikan informasi.

Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya KOMBES POL Yusri Yunus, S.I.K., di Lapangan Promoter Polres Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, saat meminpin Konferensi Pers Pemusnahan Barang Bukti hasil tangkapan Narkotika, dengan didampingi oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si, Selasa (10/3).

Untuk diketahui lebih lanjut, Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok memusnahkan ribuan barang bukti narkoba dari berbagai jenis, hasil pengungkapan bekerja sama dengan Bea Cukai, Pelindo dan PT Pelni Pelabuhan Tanjung Priok dari bulan November 2019 hingga Februari 2020.

“Pada hari ini kita akan melaksanakan pemusnahan Barang Bukti Narkoba, kita bersinergi dengan stake holder yang ada di pelabuhan, termasuk Bea Cukai, IPC, PT Pelni, Pengadilan Negeri, dan instansi terkait lainnya,” jelas Kombes Pol Yusri Yunus.

Lebih jauh dijelaskan, barang bukti dimusnahkan dengan cara dibakar dan diblender kemudian dimasukkan ke dalam air, yang diantaranya 4640 gram sabu-sabu, 18585 butir ekstasi, dan 3430 gram ganja. Total harga dipasar gelap Narkotika adalah Rp 18.582.790.000 dan dapat berpotensi menyelamatkan 133.275 orang.

Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, apa yang telah dilakukan selama ini adalah salah satu bentuk pelaksnaan dari apa yang telah dicanangkan oleh pemerintah bahwa indonesia ke depan harus bebas narkoba karena narkoba dapat merusak generasi muda masa depan bangsa.

Polres Pelabuhan Tanjung Priok juga menahan 4 orang tersangka yang diduga sebagai bandar dan pengedar narkoba, diantaranya JS, HK, MS, dan IS yang merupakan jaringan narkoba antar pulau, jaringan Aceh – Kepri – Jakarta, Jaringan Kepri – Madura, dan Jaringan Kepri – Jakarta.

Narkoba adalah musuh bangsa indonesia, musuh kita bersama tidak ada lagi senyum dan maaf bagi para pengedar narkoba ini, karena mereka mencoba bermain dengan mengharapkan keuntungan tanpa berfikir, bahwa generasi muda bisa hancur akibat perbuatannya,” ungkap Kombes Yusri Yunus.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 114, pasal 112, pasal 132 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman minimal 6 tahun dan maksimal hukuman mati.

“Semoga ada efek jera kaarena rata rata pemain ini yg kambuhan, pelakunya itu aja yang berulang,” pungkasnya.

Hadir dalam pelaksanaan pemusnahan tersebut, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara diwakili oleh Kasubsi Pra Penuntutan Iskandar, S.H., M.H., Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Suhadin, Puslabfor Mabes Polri Iptu Amel, S.Si, KPU Bea Dan Cukai Tanjung Priok diwakili Kepala Seksi Penindakan, Irwan Patonding, Perwakilan dari PT Pelindo 2 Cabang Tanjung Priok/IPC, Makmur, Pos Bantuan Hukum Jakarta Utara Nursugiyatmi, S.H.

(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *