6 July 2020
  • 6 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Satgas Lakukan Pendinginan Pasca Karhutla Di Dumai

Satgas Lakukan Pendinginan Pasca Karhutla Di Dumai

By on 29 February 2020 0 137 Views

ROC — Tim Satuan Petugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Manggala Agni masih menangani kebakaran lahan di Kota Dumai, Riau. Dilansir dari detikcom, saat ini petugas sedang melakukan pendinginan sebagai upaya mencegah api menyala kembali.

“Hari ini tim Manggala Agni bersama tim Satgas Karhutla masih melanjutkan upaya pemadaman di lokasi di Dumai. Kita masih melakukan proses pendinginan,” kata Kepala Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Ismail Hasibuan, Sabtu (29/02).

Ismail menjelaskan, proses pendinginan dilakukan di Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Kawasan gambut ini sudah beberapa hari dilakukan pemadaman.

“Proses pendinginan kita lakukan agar bara api di lahan gambut tidak membara lagi. Di lokasi api dipermukaan sudah bisa dipadamkan,” kata Ismail.

Walau api dipermukaan sudah padam, sambung Ismail, namun asap masih keluar dari dalam perut bumi. Bara api di bawah permukaan inilah yang lagi proses pendinginan dengan tetap menyemprotkan air.

“Bersama tim satgas kita berupaya melakukan pendinginan saat ini. Kita tetap berdoa semoga saja ada turun hujan di lokasi agar clear semuanya,” kata Ismil.

Untuk di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis yang sudah sepekan terbakar kondisinya kini juga proses pendinginan. Tim Satgas tetap berusaha melakukan pemadaman sisa bara api di bawah permukaan gambut.

“Di Kecamatan Rupat tim Manggala Agni bersama Satgas lagi proses pendinginan,” imbuh Ismail.

Seperti diketahui, tim pemadam Manggala Agni, telah berada di lokasi-lokasi kebakaran sejak beberapa hari yang lalu. Kawasan yang terbakar merupakan kawasan gambut, yang sangat sulit dipadamkan. Ditambah lagi angin yang cukup kencang, semakin menyulitkan upaya pemadaman tim satgas kebakaran.

Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Namun kondisinya saat ini tinggal pendinginan.

“Lahan terbakar di Dumai yang saat ini masih dilakukan pemadaman tepatnya di Kelurahan Bangsa Aceh. Api masih membara menghanguskan semak belukar,” pungkasnya.

(idj/idj) / Foto : istimewa

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *