23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Sandiaga Uno Berencana Berlakukan Visa Long Term Stay

Sandiaga Uno Berencana Berlakukan Visa Long Term Stay

By on 9 February 2021 0 48 Views

Ket gbr: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Foto: ROC.

ROC – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berencana memberlakukan visa jangka panjang atau visa long term stay. Masa berlaku visa jangka panjang mencapai 5 tahun.

Hal itu kini tengah dibahas Sandi bersamaan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Dengan masa berlaku visa yang lama, turis akan semakin lama berwisata di Indonesia dan menghabiskan uang lebih banyak di Indonesia.

“Saat ini terdapat potensi 1 miliar warga dunia yang berusia 60 tahun ke atas dengan pendapatan lebih dari US$ 15 triliun,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Senin (08/2).

Nantinya, aturan visa jangka panjang dibuat mengikuti tren kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Yaitu pebisnis dan wisman yang masuk ke Indonesia dalam waktu 3-4 bulan per tahun, saat musim dingin di negara asalnya.

Kebijakan ini juga mengantisipasi adanya kasus wisman yang bekerja menggunakan visa turis, maupun para pekerja asing yang ingin melakukan kegiatan digital nomad. Yaitu orang yang ingin bekerja dari mana saja tanpa terikat lokasi.

Untuk mendapatkan visa jangka panjang ini ada sejumlah syarat.

“Konsepnya Visa long term stay second home untuk visa 5 tahun mereka mendepositkan uang mereka Rp 2 miliar kalau keluarga Rp 2,5 miliar. Mereka boleh berinvestasi di sini, visa mereka diperbaharui setiap 5 tahun,” ujar Sandi.

Menurut Sandi, obyek wisata yang akan dibuka aksesnya bagi wisawatan mancanegara adalah Bali, Batam Bintan, maupun beberapa destinasi lainnya yang sesuai dengan bingkai Asean Travel Coridor.

Saat ini,  warga negara asing masih dilarang masuk ke Indonesia untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *