24 October 2020
  • 24 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Saat Raflesia Arnoldi Tumbuh dan Bermekaran di Kaur

Saat Raflesia Arnoldi Tumbuh dan Bermekaran di Kaur

By on 14 July 2020 0 181 Views

ROC — Padma raksasa, yang di sebut Raflesia Arnoldi adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal di Provinsi Bengkulu, meski menebar bau busuk, tapi tumbuhan ini menjadi salah satu kebanggaan Provinsi Bengkulu, sehingga membuat Bengkulu lebih di kenal dengan kota Raflesia.

Menurut sejarah, Raflesia ini di temukan di hutan tropis Bengkulu, tepatnya di sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun 1818.

Akhir-akhir ini Raflesia arnoldi juga tumbuh dan mekar di Kabupaten Kaur, tepatnya di kecamatan Muara Saung.

Raflesia menjadi kebanggan warga Bengkulu di karenakan keberadaan Bunga ini cuma ada di Bengkulu, bahkan saat ini sudah menyebar di kabupaten Kaur.

Warga Muara Saung patut merasa gembira, karena meski Kecamatan Muara Saung terbilang berada di ujung/perbatasan dengan kabupaten Sumsel dan terbilang jauh dari pusat keramaian kabupaten Kaur, tetapi daerah ini mempunyai sejarah khusus, yaitu banyak menyimpan sesuatu yang bernilai sejarah dan benda-benda yang tidak di miliki oleh kecamatan lain.

Dari benda yang bersejarah, batu cincin, mata air ajaib bahkan akhir- akhir ini di temukan Bunga Raflesia Arnoldi yang sudah di kenal di dunia luar.

Bunga Raflesia merupakan parasit yang tumbuh liar di hutan, namun meskipun bunga ini tumbuh di hutan, tapi tidak juga tumbuh di sembarang hutan, dia hanya tumbuh di hutan-hutan tertentu saja.

Menurut keterangan salah seorang warga Muara Saung yang akrab di sapa Mang Sirum, keberadaan bunga Raflesia ini tidak lama bertahan.

“Paling lama cuma satu minggu,setelah itu,bunga mulai layu dan kering,” ujar sirum.(Rozi)

 

(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *