12 November 2019
  • 12 November 2019
Breaking News

Rusia Punya Rudal Hipersonik Terbaru, Tidak Terdeteksi Radar

By on 30 September 2019 0 20 Views

ROC – Media penerbangan Rusia, Avia.pro mengutip sumber yang mengatakan Rusia memiliki rudal hipersonik terbaru 3M22 Zircon yang akan membuat takjub siapa pun.

Menurut sumber itu, rudal tersebut terbuat dari material unik, termasuk karbon dan fiber karbon sehingga membuatnya jauh lebih ringan dan nyaris tidak terdeteksi radar.

Dikutip dari laman Sputnik News, Minggu (29/9), Avia.pro menyebut material Zircon mirip dengan rudal KIMF yang biasa digunakan sebagai rudal balistik kapal selam 3M37 Skiff. Rudal Rusia ini dibuat oleh Chelyabinsk UMATEX. KIMF dibuat dengan material padat tapi ringan dan aman dari panas.

Sumber yang dikutip Avia.pro mengatakan Zircon bisa melaju dengan kecepatan 10.000 kilometer per jam. Saking panasnya ketika melaju rudal ini akan terlihat seperti bola api besar melesat di udara.

“Musuh tidak akan bisa melihat rudal ini dari radar, tapi bisa melihatnya langsung dari horison bumi. Rudal ini akan membuat takjub,” kata seorang sumber.

Awal September ini Popular Mechanics melaporkan dengan teknologi saat ini rudal pertahanan Amerika Serikat hanya punya waktu 20 detik untuk menembak jatuh rudal dengan kecepatan hipersonik.

“Itu waktu yang mepet sekali bagi komandan kapal untuk mencerna apa sedang terjadi, apalagi untuk meluncurkan rudal menembak jatuh rudal hipersonik yang sedang menuju ke arahnya,” kata Popular Mechanics.

Pada Februari lalu Presiden Rusia Vladimir Putin secara resmi memamerkan rudal ini dan mengungkapkan rudal ini bisa melaju dengan kecepatan hingga 9 Mach (kira-kira hampir 11.000 kilometer per jam) dengan daya jangkau 1000 kilometer. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *