27 October 2020
  • 27 October 2020
Breaking News

RKIH, Jajaki Potensi Bisnis Dengan Ukraina

By on 25 September 2019 0 1854 Views

Jakarta, ROC – Guna memperkenalkan produk Indonesia dan untuk memperluas pemasaran hasil produksi para pelaku UKM di pasar Internasional, rencananya Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) awal Oktober ini akan berkunjung ke Ukraina dengan mengajak beberapa pelaku UKM yang tergabung dalam organisasi nirlaba.

Ketua Umum RKIH, Kris Budihardjo menyebutkan bahwa, Rumah Kreasi Indonesia Hebat berupaya membantu pemerintah dalam mengembangkan UMKM di Indonesia., dengan tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan produk UKM di pasar Eropa Timur.

“Rencana kita mendapat perhatian serius dari Duta Besar Indonesia untuk Ukraina Yudhi Krisnandi dan rencananya bahkan pengusaha Ukraina menyambut kedatangan UKM dari RKIH tersebut di Karkiev, kota industri dan terbesar kedua di Ukraina,” ujar Kris.

RKIH mendapatkan Undangan resmi dari Ukraina untuk menggelar Festival Indonesia di Ukraina akan diadakan tgl 17-18 Oktober 2019 sekaligus temu pengusaha dari kedua negara untuk saling bertukar informasi dan dan saling mengenal potensi bisnis kedua pihak.

Sementara, Wakil Ketua RKIH, Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. H. Suharno, M.M, menyebutkan bahwa Hubungan Ukraina-Indonesia diharapkan semakin membaik dalam bisnis khususnya,

“Indonesia – Ukraina adalah dua negara yang sama-sama independen. Hubungan antar masyarakat Ukraina dan Indonesia juga semakin baik berkaca pada semakin banyaknya masyarakat Ukraina sekarang yang melancong ke Indonesia,” kata Suharno.

Lanjutnya, nilai perdagangan perdagangan Ukraina dan Indonesia pada 2017 mencapai 658 juta USD atau sekitar Rp1 triliun. Angka ini naik jika dibanding dengan periode yang sama pada 2016, yakni naik 11 persen.

“Ekspor dari Ukraina ke Indonesia sebagian besar berupa komoditas pertanian dan metal. Sedangkan impor Ukraina dari Indonesia berupa minyak kelapa sawit, produk elektronik, biji coklat, sepatu, kertas, dan kardus,” paparnya.

Potensi kerjasama bilateral bidang perdagangan dan ekonomi Indonesia – Ukraina diantaranya di bidang pertanian, seperti persediaan gandum, jagung, tepung gandum dan penyediaan buah-buahan segar. Di bidang teknik potensi kerja sama seperti sektor alat pertambangan, pompa gas, baja, teknik militer, energi, dan farmasi. Ukraina, merupakan mitra perdagangan ke-2 bagi RI di kawasan Eropa Timur setelah Rusia.

Rombongan RKIH yang akan berangkat ke Ukraina, akan menjajaki kerjasama bisnis, dan langkah awal untuk kegiatan besar nanti pada tahun 2020. Kebutuhan Ukraina akan komoditi Indonesia yang cukup
banyak seperti buah-buahan tropis, kopi, kayu untuk pintu, minyak goreng, tekstil, ikan dan produk produk lainnya, termasuk travel agen. Sedangkan Indonesia bisa menjajaki untuk mengambil peluang kerjasama di bidang alat berat, militer, persenjataan dan gandum. (Red/RKIH)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *