23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Riswansah Pimpin Forum Pemerhati Lingkungan 2021-2023

Riswansah Pimpin Forum Pemerhati Lingkungan 2021-2023

By on 22 March 2021 0 70 Views

ROC – Musyawarah Besar (Mubes) 2021 Forum Pemerhati Lingkungan (FPL) kembali digelar di Makassar, Minggu (21/3).

Sebelumnya, ketua FPL Demisioner Nur Achsan Alam mempertanggung jawabkan program kepengurusan masa bakti 2018-2021. Melalui perdebatan yang cukup alot terkait pertanggungjawaban program, akhirnya khalayak mubes dapat menerima, dengan mengajukan syarat beberapa catatan.

Pada sesi pemilihan ketua FPL untuk periode 2021 – 2023, tampil 2 (dua) calon yang mengajukan diri, mereka adalah Riswansah Muchsin dan Danial.

Merekapun memaparkan visi dan misi, dengan memberikan beberapa pokok pikiran untuk pengembangan organisasi berbasis lingkungan ini. Yang tidak hanya sekedar mendaki gunung tetapi juga bagaimana menciptakan kader FPL yang lebih dinamis dan memiliki kemampuan advokasi masalah lingkungan.

Hasil Mubes kemudian menetapkan Riswansah Muchsin sebagai ketua terpilih, yang memperoleh suara terbanyak, dengan selisih 2 (dua) suara dari Danial.

Sebagai ketua terpilih, Riswansah Muchsin menjelaskan bahwa, dirinya akan memprioritaskan beberapa program, termasuk diantaranya adalah membangun sinergitas kelembagaan dengan pemerintah baik itu di tingkat Propinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota.

“Kita juga akan mengoptimalkan koordinasi dan komunikasi dengan lembaga penggiat lingkungan lainnya,” tutur Riswansah dalam sambutannya, sesaat setelah terpilih.

Ditambahkan Riswansah, FPL akan melaksanakan program tahunan yakni Lintas Merah Putih yang pernah menjadi icon Program FPL.

Riswansah yang juga seorang penggiat alam bebas ini berharap, melalui wadah organisasi ini, nantinya bisa tercipta kader-kader FPL yang tangguh dan mampu memahami kondisi lingkungan dimasa mendatang.

“Bahkan beberapa kegiatan dan peran penting telah dilakukan organisasi ini, seperti turut menjadi pilar terdepan dalam beberapa peristiwa kebencanaan, evakuasi dan lain sebagainya,” ungkap Riswansah.

Olehnya itu, tambahnya, FPL membutuhkan kader-kader yang terampil, cakap dan tanggap terhadap fenomena-fenomena lingkungan.

(ire djafar)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *