4 July 2020
  • 4 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Ringankan Beban Warga Terdampak Pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Sukajaya Salurkan Bantuan

Ringankan Beban Warga Terdampak Pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Sukajaya Salurkan Bantuan

By on 26 May 2020 0 67 Views

Bengkulu, ROC — Pandemi wabah virus Corona atau Covid-19 saat ini masih menjadi momok bagi semua, dan belum menampakkan tanda akan segera berakhir. Meskipun di setiap update Corona yang dikeluarkan oleh pemerintah setiap harinya melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, terdapat penambahan jumlah pasien sembuh, namun seiring dengan itu, jumlah kasus pasien positif Corona juga masih terus bertambah.

Hal tersebut tentu saja sangat menghambat bahkan melumpuhkan kegiatan di semua sektor, termasuk roda perekonomian di setiap daerah. Dampak ini juga dirasakan oleh warga yang ada di daerah terpencil, bahkan sangat di rasakan oleh mereka yang tinggal di daerah pinggiran lebih besar, salah satunya di Desa Sukajaya, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Terkait hal tersebut, Pemerintahan Desa Sukajaya, Muhlisin Spd, mengambil langkah positif, dengan memberikan sejumlah bantuan terhadap warga Desa Sukajaya. Selain itu, warga juga mendapat bantuan dari Pemda Kaur berupa beras 10 kg per Kepala Keluarga (KK).

“Untuk meringankan beban warga, kita telah memyalurkan bantuan dari Pemda Kabupaten Kaur berupa beras 10 kg per satu KK, disamping itu, pemeritahan Desa juga memberikan bantuan berupa BLT dan juga minuman ringan seperti susu, sirup serta mie instan, semoga saja bantuan yang di salurkan ini bisa bermanfaat dan sedikit bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini,” ungkap Muhlisin dalam obrolan singkatnya bersama red. republik-online.com Kaur, pada Senin (25/5).

Muhlisin juga menyampaikan BLT dan bantuan lainnya ini di anggarkan melalui dana Desa, yang memang sudah menjadi keputusan musyawarah Desa.

Salah satu warga yang menerima bantuan, Supriadi, mengungkapkan bahwa bantuan ini sangatlah berarti dan bermanfaat.

“Bantuan yang diberikan sangat besar manfaatnya bagi kami, yang mempunyai penghasilan dengan hanya mengandalkan hasil pertanian, yang saat ini tidak stabil dan sangat anjlok karena pandemi Covid-19 yang sedang melanda ini,” kata Supriadi.

Ditambahkan Supriadi, bahwa pandemi Covid-19 ini tidak hanya membuat anjlok penghasilan mereka, tetapi juga mengakibatkan biaya yang harus dikeluarkan sangat mahal, misalnya harga pupuk menjadi cukup tinggi, karena keterbatasan barangnya, dan tingginya permintaan, sehingga memaksa warga harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Senada dengan penuturan warganya, Muhlisin, selaku kepala Desa Sukajaya membenarkan bahwa warga saat ini memang merasakan dampak pandemi Covid-19 ini dengan mengalami kesulitan karena harga yang tidak stabil. Oleh sebab itu, kepada warga Muhlisin menghimbau, agar bisa bersama-sama mematuhi anjuran pemerintah, untuk memutus mata rantai Covid-19 ini dengan cara menjauhi kerumunan,menjaga jarak, memakai masker saat berada diluar rumah, rajin mencuci tangan setiap saat.

“Dan yang lebih utama bagi warga yang kebetulan baru pulang dari perantauan, agar segera melapor kepada perintahan Desa, dan harus melakukan isolasi mandiri selama dua pekan, meski di Daerah kita belum di berlakukan aturan PSBB,” tutup Muhlisin.(Rozi)

(idj/idj).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *