Wednesday, May 18, 2022
Home DKI Jakarta Putus Perkara Terbanyak Dalam Sejarah, MA Terima Apresiasi dari Jokowi

Putus Perkara Terbanyak Dalam Sejarah, MA Terima Apresiasi dari Jokowi

Harmoni Media – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada Mahkamah Agung  yang menerapkan e-court dan e-litigation pada perkara pidana, militer, dan jinayat, dan peningkatan direktori putusan.

“Saya juga gembira karena penyelesaian perkara melalui aplikasi e-court mendapatkan respon yg sangat baik bagi masyarakat pencari keadilan,” kata Jokowi dalam pidato Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2020 dari Istana Negara, Rabu (17/2).

Jokowi mengatakan, jika dibandingkan dengan 2019, perkara yang didaftarkan ke Mahkamah Agung meningkat 295 persen pada 2020. Tetapi, sambung Jokowi, Mahkamah Agung berhasil menyelesaikan 8500 perkara melalui sidang secara e-litigation.

“Terbukti (menerapkan e-court dan e-litigation -red) meningkatkan penanganan perkara signifikan. Jumlah perkara, dan yang diputus terbanyak dalam sejarah, bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas putusan,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berharap, Mahkamah Agung terus meningkatkan aplikasi e-court. Termasuk, sambungnya, standarisasi kewajiban para pihak, pemeriksaan saksi ahli secara daring, salinan putusan, dan juga peluasan aplikasi e-court dengan perkara perdata bersifat khusus.

“Terobosan-terobosan untuk penyelenggara pradilan sangat penting, membuktikan sistem pradilan kita mampu beradaptasi dengan cepat. Terus berinovasi agar mampu melayani masyarakat dengan cepat, dan lebih baik,” ucap Jokowi.

Red

Most Popular

Recent Comments