10 July 2020
  • 10 July 2020
Breaking News

Puluhan PNS di Batubara Diduga Gunakan Ijazah Palsu

By on 31 May 2019 0 488 Views

Batubara, ROC – Dugaan penggunaan ijazah palsu oleh sejumlah oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang masih aktif maupun yang telah pensiun, kembali merebak. Kali ini isu tersebut terjadi di Pemerintahan Kabupaten Batu Bara.

Hal itu diungkapkan oleh M (inisial-red) saat ditemui wartawan pada, Selasa (28/5), ia mengakui bahwa dirinya dan beberapa rekannya lulusan dari Universitas US yang pada tahun 2015 lalu Rektornya tertangkap dalam kasus dugaan Pemalsuan ribuan Ijazah dari universitas yang tidak terdaftar.

“Ya jujur saja, kami memakai ijazah tersebut untuk kenaikan pangkat,” ungkapnya.

Lanjutnya, M menyebutkan bahwa ijazah yang dikeluarkan oleh Universitas US dari Fakultas Pertanian Jurusan Agronomi, ditanda tangani Rektor Drs.MY,MM.PhD dan Dekan Ir.B.S,MBA di Bagan Batu,28 Februari 2005.dan ada leges dari Kopertis.

Sementara, Daud, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kabupaten Batu Bara menyebutkan bahwa belum mengetahui adanya penggunaan ijazah palsu tersebut.

Untuk diketahui, bahwa ijazah palsu yang digunakan untuk kenaikan pangkat ataupun hal lainnya, khususnya Aparatur SIpil Negara, TNI dan Polri, bahwa akan dicopot jabatannya, dan akan diturunkan satu tingkat, atau disesuaikan dengan ijazah terakhir mereka.

Selain itu, jika merujuk kepada Peraturan Pemerintah No.11/2017 tentang Managemen,  PNS yang menggunakan Ijazah Palsu dapat diberhentikan dengan tidak hormat dan terjerat pasal Pemalsuan Dokumen. (DM)

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *