30 November 2020
  • 30 November 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Pujian Shin Tae-yong pada 2 Pemain Baru Keturunan Jerman yang Dipanggil

Pujian Shin Tae-yong pada 2 Pemain Baru Keturunan Jerman yang Dipanggil

By on 21 October 2020 0 63 Views

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org).

ROC – Dua pemain baru Timnas U-19 Indonesia menjalani debutan pada laga uji coba kontra tim U-19 Hajduk Split, Selasa 20 Oktober 2020. Kedua pemain tersebut campuran Indonesia-Jerman tersebut baru bergabung bersama skuad Garuda Muda.

Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, menyatakan bahwa kakak beradik Kelana dan Luah Mahesa dipanggil karena jarak yang dekat antara Jerman dengan Kroasia. Selain itu pelatih asal Korea Selatan itu juga ingin melihat kualitas keduanya.

“Saya mengundang dua pemain ini datang ke Kroasia karena ingin melihat kualitas mereka. Salah satu pertimbangannya, jarak dari Jerman ke Kroasia tidak terlalu jauh,” ujar Shin, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa (20/10).

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyatakan bahwa dirinya masih memantau beberapa pemain keturunan Indonesia untuk memperkuat Timnas U-19 di ajang Piala Asia U-19 awal tahun depan serta Piala Dunia U-20.

Hingga hari ini, terdapat setidaknya empat nama yang sudah bergabung dengan Timnas U-19 yaitu Jack Brown, Elkan Baggott serta Kelana dan Luah Mahesa.

Kelana dan Luah bermain untuk klub Bonner SC di Jerman. Kelana lahir pada 30 Januari 2001 sementara Luah pada 30 Juli 2002.

Kelana langsung mendapat kesempatan bermain sejak awal pada laga uji coba kontra Hajduk Split. Dia ditugaskan sebagai gelandang tengah mendampingi Beckham Putra.

Luah juga bermain dalam pertandingan itu, tetapi baru diturunkan pada babak kedua menggantikan Irfan Jauhari.

Pada laga tersebut Timnas U-19 berhasil meraih kemenangan 4-0. Gol skuad Garuda Muda diciptakan oleh Amiruddin Bagas Kaffa, Arhan Alif, Beckham Putra serta Jack Brown.

Timnas U-19 berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020. Mereka dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 28 Oktober 2020. Namun pada 8 Desember 2020-22 Januari 2021, Witan Sulaeman cs pemusatan latihan di Prancis sekaligus mengikuti turnamen Toulon.

Puji 2 Pemain Keturunan Jerman

Shin Tae-yong memuji performa dua pemain baru skuadnya yaitu Kelana Mahessa dan Luah Mahessa seusai menaklukkan Hajduk Split 4-0 dalam laga uji coba di Kroasia.

“Mereka bermain cukup baik terutama Kelana,” ujar Shin.

Kakak beradik Kelana dan Luah Mahessa, yang baru saja didatangkan dari klub Jerman Bonner SC tersebut, baru memainkan pertandingan perdananya bersama timnas U-19 saat menghadapi Hajduk Split.

Meskipun tak mencetak gol pada laga tersebut, namun menurut Shin, penampilan Kelana Mahesa cukup baik. Dia mampu menjadi penyeimbang tim di lini tengah sementara Beckham Putra lebih banyak membantu lini serang.

Secara umum, Shin Tae-yong merasa puas dengan penampilan seluruh pemainnya saat melawan Hajduk Split.

Witan Sulaeman dan kawan-kawan dinilai Shin mampu menunjukkan performa yang berkualitas termasuk pergerakan tanpa bola yang bagus.

“Performa pemain baik dalam laga hari ini,” tutur Shin.

Kemenangan tersebut membuat anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong tidak terkalahkan dalam lima laga uji coba sejak 28 September 2020.

Indonesia meraih empat kemenangan (dari Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, Macedonia Utara, Hajduk Split) dan satu imbang (dengan Macedonia Utara) dengan catatan impresif yaitu membuat 12 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Sampai saat ini, mereka sudah menjalani 11 pertandingan uji coba dengan hasil lima kali menang, tiga kali seri dan tiga kali kalah.

TC tersebut menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

Kemenangan atas Hajduk Split itu menambah rentetan hasil positif Timnas U-19. Sebelumnya mereka sempat meraih kemenangan dari Qatar, Dinamo Zagreb, serta NK Dugopolje.

(red)

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *