Wednesday, May 18, 2022
Home DKI Jakarta PSSI Tunggu Respons Klub Terkait Pemanggilan Pemain yang Berkarier di Luar Negeri

PSSI Tunggu Respons Klub Terkait Pemanggilan Pemain yang Berkarier di Luar Negeri

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto/PSSI.

Harmoni Media – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa pemanggilan pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri telah dilakukan dan PSSI tinggal tunggu respons klub.

Pemanggilan pemain yang merumput di luar negeri itu dilakukan guna melakukan persiapan pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia diagendakan akan menggelar TC di Jakarta pada Mei 2021 guna mempersiapkan tampil di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Untuk itu beberapa pemain yang berkarier di luar negeri seperti Egy Maulana (Lechia Gdanks), Ryuji Utomo (Penang FA), Saddil Ramdani (Sabah FC), dan beberapa pemain yang berkarier di Eropa kabarnya akan dipanggil.

Mochamad Iriawan juga memastikan bahwa pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang saat ini berada di Korea Selatan akan segera kembali.

Shin Tae-yong yang telah melakukan pemulihan di Negeri Gingseng setelah terpapar COVID-19 siap kembali ke Tanah Air pada 2 Mei mendatang.

Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu juga dinyatakan sudah sembuh total dan saat ini semua proses kedatangannya telah dilakukan oleh PSSI.

Namun, walaupun pelatih berusia 52 tahun tersebut selama hampir satu bulan berada di Korea Selatan, ia tetap memantau para pemain Indonesia.

Shin Tae-yong tetap memantau pemain-pemain Indonesia yang berlaga di gelaran Piala Menpora 2021.

Hal itu dilakukan untuk mencari pemain terbaik yang dibutuhkan dan sudah ada beberapa nama yang telah dikantonginya, termasuk para pemain yang berkarier di luar negeri.

PSSI mengatakan telah melakukan proses pemanggilan untuk pemain yang tengah merumput di luar negeri.

“Pemanggilan dari luar negeri itu yang sedang kami komunikasikan. Ada beberapa pemain cukup bagus yang bermain di luar negeri,” ujar Mochamad Iriawan saat ditemui wartawan di Kantor Kemenpora, Rabu (21/4).

Dengan pemanggilan tersebut, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap nantinya kekuatan timnas Indonesia bisa bertambah.

Apalagi, timnas Indonesia menargetkan kemenangan dalam tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Maka dari itu PSSI akan membawa kekuatan penuh agar target tersebut bisa terwujud.

“Mudah-mudahan dari klub bisa melepas pemain bersangkutan karena penting bagi kami untuk mencocokkan pemain dari belakang, tengah dan depan,” ucapnya.

Iwan Bule juga mengatakan bahwa surat pemanggilan pemain-pemain tersebut telah dilayangkan ke klub-klub mereka.

Saat ini PSSI hanya tinggal menunggu respons dan kabar baik dari klub pemain tersebut.

“Sudah ada surat, ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. Kami meminta klub-klub itu bisa memberikan pemainnya kepada kami,” tutur Ketum PSSI.

Kabar baik diharapan datang dari klub-klub itu karena dalam tiga laga sisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, lawan-lawan timnas Indonesia bukan tim yang mudah.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan melawan Thailand pada 3 Juni, kemudian Vietnam pada 7 Juni, dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021.

Namun, sebelum menjalani laga tersebut, tim asuhan Shin Tae-yong akan lebih dulu melakukan uji coba.

Skuad Garuda telah dijadwalkan akan melakoni laga uji coba melawan Afganistan (25/5/2021) dan Oman (29/5/2021) di Uni Emirat Arab (UEA).

Red

Most Popular

Recent Comments