2 June 2020
  • 2 June 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Proyek Tol Semarang-Demak Senilai Rp15 Triliun Segera Dibangun

Proyek Tol Semarang-Demak Senilai Rp15 Triliun Segera Dibangun

By on 4 July 2019 0 173 Views

Jakarta, ROC – Ditetapkan sebagai pemenang tender, PT PP dan WIKA akan segera membangun Jalan tol Semarang-Demak sepanjang 27 kilometer (km). Total investasi untuk infrastruktur tersebut senilai Rp 15,3 triliun.

Tol yang akan dibangun di atas tanggul laut ini dimenangkan PP dan WIKA setelah  mengalahkan konsorsium PT Jasa Marga, Waskita Toll Road, Adhi Karya, Brantas Abipraya. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Investasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Sudiro Roi Santoso.

“Iya. Benar,” kata Sudiro seperti dilansir detikFinance, Kamis (4/7/2019).

Tol Semarang-Demak merupakan satu dari 14 ruas tol proyek strategis nasional (PSN) Perpres Nomor 56 Tahun 2018 yang belum mendapatkan investor. Dengan keluarnya PTPP dan WIKA sebagai pemenang tender, maka proses selanjutnya adalah penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Proyek tol dengan nilai investasi Rp 15,3 triliun ini terbilang cukup menarik. Sebab konstruksinya akan juga berfungsi sebagai tanggul laut di pantai utara Kota Semarang, mulai dari wilayah Kaligawe hingga Kali Sayung di Kabupaten Demak.

Pembangunan jalan tol Semarang-Demak ditargetkan akan berlangsung selama dua tahun. Tol ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kapasitas jaringan jalan dalam melayani kawasan utara Jawa yang kepadatannya cukup tinggi. (Red/Detik)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *