21 April 2021
  • 21 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Presiden Peru Marah, Beberapa Pejabat Dapatkan Vaksinasi Covid di Luar Uji Klinis

Presiden Peru Marah, Beberapa Pejabat Dapatkan Vaksinasi Covid di Luar Uji Klinis

By on 16 February 2021 0 53 Views

Ket gbr: Crisologo Enriquez yang berusia delapan puluh lima tahun saat menerima vaksin di Lima, Peru, Jumat, 26 Juni 2020 lalu. Presiden Peru Francisco Sagasti mengatakan warga yang paling rentan akan mendapat prioritas sebagai penerima pertama vaksin. Foto: AP.

ROC — Presiden Peru Francisco Sagasti, Senin (15/2), malam menyatakan ia marah dan kecewa karena 487 orang, termasuk mantan menteri kesehatan Pilar Mazzetti dan mantan menteri luar negeri Elizabeth Astete menggunakan jabatan mereka untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 di luar uji klinis.

Sagasti mengatakan dalam pidato yang ditayangkan televisi bahwa mereka diimunisasi dengan vaksin Sinopharm, yang datang secara terpisah sebagai pelengkap bagi vaksin yang digunakan dalam uji klinis di Peru.

Pemimpin Peru itu mengecam para pejabat pemerintah dalam daftar yang diberikan Cayetano Heredia University, dengan mengatakan mereka gagal memenuhi kewajiban mereka sebagai abdi masyarakat dan gagal menunjukkan loyalitas kepada Presiden Dewan Menteri serta ia sendiri.

Sagasti mengatakan daftar itu akan dikirim kepada para jaksa penuntut dan komisi investigasi yang dibentuk Menteri Kesehatan Oscar Ugarte untuk menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil.

Sagasti mengatakan insiden itu tidak akan berdampak pada upaya negara itu untuk mendapatkan lebih banyak lagi vaksin. Bahkan seperti dikabarkan sebelumnya, Peru juga telah mencapai kesepakatan untuk membeli 14 juta dosis vaksin yang dikembangkan AstraZeneca dengan Oxford University, dengan gelombang pertama tiba lebih cepat lagi.

Peru merupakan salah satu negara dengan jumlah korban tertinggi akibat Covid-19 di Amerika Selatan, dengan catatan lebih dari 1.235.000 kasus terkonfirmasi dan 43.703 kematian, sebut Johns Hopkin University Coronavirus Resource Center.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *