6 July 2020
  • 6 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Positif Terjangkit Virus Corona, Luhut Gantikan Budi Karya Sebagai Menhub

Positif Terjangkit Virus Corona, Luhut Gantikan Budi Karya Sebagai Menhub

By on 16 March 2020 0 138 Views

Jakarta, ROC — Menyusul di umumkannya salah seorang pejabat di indonesia yaitu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19),dengan nomor kasus 76, yang diumumkan oleh Menteri Sekeetaris Negara (Mensesneg) Pratikno, maka pemerintah mengambil langkah cepat, dengan segera melakukan penggantian Menhub.

Terkait hal tersebut, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk menggantikan Budi Karya Sumadi untuk melaksanakan tugas sebagai Menteri Perhubungan.

“Perlu kami sampaikan juga, tugas-tugas Kemenhub sangat berat sekarang ini. Presiden sudah
menugaskan, mengangkat Menteri Perhubungan ad interim, yaitu menko yang mengkoordinatori,
yaitu Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri Perhubungan ad interim,” kata Mensesneg
Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3).

Menurutnya, langkah penggantian tersebut dilakukan agar fungsi Kemenhub bisa tetap berjalan. Pratikno berharap masalah virus Corona dapat segara tertangani dengan cepat.

“Jadi ini juga fungsi-fungsi kementerian tidak akan terganggu. Jadi sekali lagi, semoga masalah
Virus Corona ini dapat segera tertangani dengan baik dan Pak Presiden sudah membentuk satgas yang akan bertindak terus secara cepat,” ujar Pratikno.

Seperti diketahui, atas izin keluarga, yang disampaikan oleh Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto, maka pada Sabtu (14/3), pemerintah mengungkap dan mengumumkan bahwa Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19).

Sebelumnya Juru Bicara (Jubir) Menhub menyatakan bahwa Menhub Budi Karta jatuh sakit karena mengalami gejala tyfus,setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja.

“Saat ini, Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati, dan Indramayu,” ujar Jubir Menhub, Adita Irawati, lewat pesan singkatnya saat itu, Selasa (10/3).

Adita mengkonfirmasi Budi mengalami tifus berdasarkan hasil lab. Adita juga memastikan bahwa Budi tetap melaksanakan tugas sebagai menteri dari rumah.

Budi diketahui berada di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Minggu (1/3). BIJB merupakan tempat evakuasi 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

(idj/idj)

Foto: ire djafar/ROC

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *