19 February 2020
  • 19 February 2020
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • DKI Jakarta
  • Polres Pelabuhan Tanjung Priok Berhasil Ungkap Jaringan Narkotika Lintas Provinsi

Polres Pelabuhan Tanjung Priok Berhasil Ungkap Jaringan Narkotika Lintas Provinsi

By on 30 November 2019 0 75 Views

Jakarta, ROC – Polres Pelabuhan Tanjung Priok Dalam kurun waktu 3 bulan, September sampai November 2019, berhasil melakukan pengungkapan 37 perkara tindak pidana narkotika.

“Dari kasus tersebut, telah ditangkap 44 tersangka dan 2 Kg sabu, 102 butir ekstasi dan 72,2 gram ganja, dan 80 butir H5/happy five,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Reynold EP Hutagalung, dalam konferensi pers di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (30/11/2019).

Hasil dari seluruh barang haram tersebut, telah merugikan negara mencapai Rp4 miliar di pasar gelap narkoba dan berpotensi merusak generasi bangsa sebanyak 9.903 orang.” lanjut Reynold.

Reynold menjelaskan kasus-kasus penyelundupan narkoba yang berhasil diringkus Polres Pelabuhan Tanjung Priok misalya jaringan Jakarta-Bandung pada 12 Oktober lalu.

“Barang bukti jaringan Jakarta-Bandung sabu-sabu seberat 77,46 gram dan 102 butir ekstasi serta 80 butir happy five di Cianjur dan Bandung,” kata Reynold.

Selain itu ada juga pengungkapan kasus narkotika jenis sabu-sabu seberat 234 gram di Setia Budi, Jakarta Selatan pada 14 Oktober lalu.

“Terakhir jaringan Aceh-Batam-Jakarta di Terminal Pelni Tanjung Priok dengan tersangka JS pada 28 November lalu,” kata Reynold.

Adapun tersangka JS berhasil digagalkan saat berusaha menyelundupkan sabu seberat 2 Kg, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan awalnya Satuan Narkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok mencium adanya upaya penyelundupan narkoba melalui Kapal KM Kelud, Kamis (28/11/2019).

Sesegara mungkin, saat kapal merapat di Pelabuhan Tanjung Priok Pukul 19.30 WIB, petugas melakukan pemeriksaan ke sekira 1.900 penumpang.

“Akhirnya aparat segera memeriksa para penumpang di kapal tersebut menggunakan Xray, ada satu penumpang yang terlihat mencurigakan,” kata Yusri, dalam konferensi pers yang digelar di Polres Pelabuhan Tanjung Priok Sabtu (30/11/2019).

Penumpang yang berinisial JS itu segera balik badan dan lari saat hendak diperiksa aparat melalui X-ray, polisi langsung mengejar JS dan menggeledah badan JS, pada saat pengeledahan ditemukan 5 paket plastik berisi narkoba jenis sabu yang disembunyikan di dalam celana dekat area kemaluan.

“Tersangka langsung diamankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” kata Yusri.

Tersangka JS kata Yusri merupakan pria asal Aceh. Ia sengaja ke Batam untuk menjadi kurir narkoba dan mengantarkan sabu sebera 2 Kg ke Jakarta melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

“Batam memang masih menjadi lalu lintas peredaran narkoba, sampai saat ini masih kita dalami apakah narkoba yang dibawa ada keterkaitan dengan pengedar jaringan internasional,” kata Yusri.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *