26 March 2019
  • 26 March 2019
Breaking News
  • Home
  • Uncategorized
  • Politic Traveler, Episode Kota Cirebon : Geliat Kota Udang Menjelang Pilkada Serentak 2018

Politic Traveler, Episode Kota Cirebon : Geliat Kota Udang Menjelang Pilkada Serentak 2018

By on 9 June 2018 0 77 Views

Cirebon, (ROC) – Menjelang Pilkada Serentak 2017, yang akan berlangsung dalam hitungan hari, Kondisi Kota Cirebon masih terlihat kondusif. TIdak terlihat adanya gejolak politik di daerah tersebut.

Team redaksi politic traveler republik-online.com (ROC) yang mendatangi daerah yang mempunyai julukan kota udang itu, melihat betapa antusiasnya masyarakat Kota Cirebon dalam menyambut pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Di setiap sudut kota nampak spanduk, dan pamflet pasangan calon Gubernur Jawa Barat dan pasangan calon Walikota Cirebon bertebaran.

Keraton Kasepuhan Kota Cirebon (Doc: kdc)

Data dari KPUD Kota Cirebon, dari jumlah penduduk Kota Cirebon sebanyak 328.239 jiwa, yang terdiri dari laki laki 164.861 jiwa dan perempuan 163.378 jiwa, Sebanyak 230.446 warga Kota Cirebon, masuk daftar pemilih tetap (DPT).

Jumlah DPT didapat dari daftar pemilih di lima kecamatan yakni Kecamatan Kejaksan, Lemahwungkuk, Harjamukti, Pekalipan, dan Kesambi dengan rincian, pemilih laki-laki berjumlah 113.843 orang dan pemilih perempuan sebanyak 116.603 orang.

 

KPU Kota Cirebon

Selain melihat kondisi perpolitikan di daerah tersebut, Politic Traveler ROC  menyempatkan diri untuk melakukan survei terhadap masyarakat sekitar dengan metoda random sampling terhadap masyarakat sekitar dalam pemilihan Cagub Jabar dan Cawalkot Kota Cirebon.

Dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat, pasangan Sudrajat – Ahmad Syaikhu menempati urutan pertama dengan total 32 persen, disusul pasangan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan dengan 27 persen, Deddy Mizwar-Deddy Mulyadi mendapat 22 persen, sedangkan pasangan Ridwan Kamil – Uu mendapatkan 12 persen, sedangkan 3 persen tidak memilih.

Asyik di Pantura, mencapai 31 persen. Dimana, saat responden diberikan pertanyaan siapa yang akan dipilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, 31,2 responden memilih pasangan Asyik, sementara pasangan Dua DM hanya meraih 26,3 persen, disusul Hasanah 20,7 persen, Rindu 11,3 persen dan warga yang tidak memilih 7 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan survei secara keseluruhan provinsi Jawa Barat yang menempatkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu berada di urutan terbawah.

Gedung Sate Bandung

Beberapa factor yang menyebabkan pasangan ASYIK  tersebut unggul di Kota Cirebon, dikarenakan Ahmad Syaikhu notabene merupakan warga asli Cirebon, sehingga mendongkrak jumlah suara di daerah tersebut.

Sementara untuk Piwalkot Cirebon, ini merupakan pertarungan yang seimbang, dimana pasangan Bamunas -Effendi diusung oleh tiga partai gemuk yang mempunyai kursi banyak di DPRD, yaitu PDI Perjuangan 7 kursi dengan jumlah suara sebanyak 31.901 suara, Golkar 4 kursi dengan jumlah suara sebanyak 21.850 suara serta  PPP 2 kursi dengan jumlah suara sebanyak 7.180 suara.

Sementara, Azis-Eti yang berstatus sebagai petanaha diusung lima partai, yakni Demokrat 3 kursi dengan jumlah suara sebanyak 13.339, PKB 2 kursi dengan jumlah suara 8.274, Nasdem 4 kursi dengan suara sebanyak 18.031, serta Hanura 3 kursi dengan jumlah suara sebanyak 11.742.

Melihat dari persentase diatas, survey dari politic traveler ROC, pasangan Bamunas-Effendi memperoleh dukungan sebanyak 58 persen, pasangan Azis-Eti mendapat dukungan sebanyak 40 persen, sedang 2 persen tidak menentukan pilihan.

Apapun hasilnya, kita berharap agar Pilkada serentak 2018 yang akan berlangsung dalam hitungan hari ini, dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Dan siapapun pilihannya, diharapkan dapat mengemban amanah dan menyerap aspirasi dari masyarakat, dimana masyarakat Kota Cirebon berkeinginan agar siapapun pimpinan mereka dapat membuka peluang kerja dan usaha, dapat meningkatkan perekonomian, dan dapat mengembangkan pembangunan di berbagai sector, sehingga Kota Cirebon dapat setara dan dapat bersaing dengan kota lainnya di Indonesia. (Tim Poltrav ROC)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *