14 July 2020
  • 14 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Polisi Ungkap dan Gerebek Markas Kelompok John Kei Pemicu Perusakan di Green Lake City

Polisi Ungkap dan Gerebek Markas Kelompok John Kei Pemicu Perusakan di Green Lake City

By on 22 June 2020 0 41 Views

Foto: Polisi berjaga-jaga di lokasi penangkapan kelompok John Kei di Perum Titian Indah Blok M, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat (dok. Antara)

Jakarta, ROC – Wakapolres Metro Tangerang AKBP Yudhistura Midyahwan membeberkan apa yang menjadi pemicu perusakan rumah Nus Kei di Green Lake City, Cluster Australia No 52, Cipondoh, Kota Tangerang pada Minggu (21/6). Adapun pelaku perusakan adalah kelompok John Kei.

Yudhistura mengatakan, peristiwa berawal saat kelompok John Kei dan kelompok Nus Kei ribut di Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (21/6) pukul 11.30 WIB.

Dari kejadian itu, ada korban jiwa atas nama Yustus Dorwing Rahakbau (45). Kemudian ada Angki Rumatora (38) yang mengalami luka bacok pada jari tangan.

“Dari insiden itu, pelaku (kelompok John Kei) merasa kurang puas selanjutnya mendatangi rumah Nus Kei,” ujar Yudish, Senin (22/6).

Ketika itu, kelompok John Kei merusak rumah yang dihuni oleh Nus Kei. Pintu rumah Nus Kei didobrak, kaca jendela dipecahkan menggunakan batu. Bagian dalam pun juga dirusak seperti ruang tamu hingga kamar tidur.

Kelompok John Kei juga merusak dua kendaraan milik Nus Kei yakni Mazda putih B 16 KEI dan Toyota Yaris silver B 8669 LJ.

“Pelaku berjumlah kurang lebih belasan orang. Mereka datang dengan menggunakan tiga unit kendaraan roda empat yang keseluruhannya memakai penutup muka,” beber Yudhistura.

Diketahui, sempat terjadi keributan hingga terdengar letusan tembakan di kawasan Green Lake City, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang pada Minggu (21/6) siang.

Kejadian tersebut berlangsung di rumah milik Nus Kei di Cluster Australia, Green Lake City.

Ringkus JK dan amankan berbagai jenis senjata tajam dari markasnya

Sementara itu, Polda Metro Jaya akhirnya menggerebek markas kelompok JK di Perumahan Titian Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, pada Minggu, pukul 23.00 WIB, dan berhasil menangkap JK dan puluhan anak buahnya.

“Ya benar, saat ini baru saja sampai Polda, dan kami langsung lakukan pemeriksaan terhadap mereka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Dia mengatakan, selain mengamankan pria yang teridentifikasi berinisal JK dan C, petugas juga turut menciduk 20 orang lainnya yang merupakan anggota kelompok JK.

Yusri menyebut 20 orang tersebut turut diamankan karena dianggap menghalang-halangi petugas saat hendak meringkus JK dan C.

“Kalau soal peran JK dan C masih kami dalami karena ini juga baru dilakukan pemeriksaan, sedang berlangsung,” ungkapnya, Senin (22/6) dini hari.

Selain mengamankan 22 orang tersebut, polisi juga membawa sejumlah barang bukti senjata tajam dari lokasi kejadian di Bekasi seperti parang, golok, besi runcing, ketapel, samurai, anak panah, sangkur, badik, pisau lipat, hingga pemukul base ball.

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing Andari membenarkan adanya penangkapan itu.

“Diduga terkait kejadian tadi siang di Jakarta dan Tangerang. Polda yang melakukan penangkapan langsung,” ucapnya.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Wijonarko juga nampak berada di lokasi kejadian dan tengah melakukan komunikasi dengan anggota keluarga kelompok JK di lokasi.

Sejumlah warga perumahan setempat juga terlihat berkerumun di sekitar lokasi kejadian.

Sementara itu, di lokasi kejadian ada puluhan orang yang diamankan dan diangkut menggunakan mobil tahanan milik Polda Metro Jaya.

Puluhan kendaraan milik petugas juga terlihat baru saja meninggalkan perumahan tersebut.

Sedangkan di sekitar lokasi kejadian puluhan aparat lengkap dengan senjata laras panjang masih tampak berjaga-jaga.

Selain mengamankan barang bukti senjata tajam, polisi juga mengangkut sejumlah kendaraan bermotor dari lokasi kejadian. (Antara/ROC)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *